GoTo berusaha menghadirkan solusi bisnis berbasis digital yang komprehensif bagi para pelaku UMKM. Bersama dengan 15,1 juta mitra usaha yang tergabung dalam ekosistem digital GoTo yang melayani lebih dari 59,3 juta pengguna serta didukung oleh 2,6 juta mitra pengemudi yang melayani jutaan masyarakat Indonesia, kini GoTo telah meluncurkan berbagai solusi bisnis untuk mendorong efisiensi operasional dan pertumbuhan transaksi bisnis bagi mitra usaha supaya dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.
“Latar belakang solusi bisnis GoTo ini hadir karena adanya akselerasi digital yang didorong oleh pandemi. Masa pandemi adalah masa yang sulit bagi UMKM, tapi di saat yang sama kami juga melihat UMKM di Indonesia memiliki semangat yang tinggi untuk bangkit,” tutur Novi Tandjung, Head of Merchant Platform GoTo Financial, dalam konferensi pers peluncuran situs web Mitra Usaha GoTo pada Selasa (23/8/2022).
Lanjutnya, "dari hasil survei terakhir, nilai ekonomi digital menjadi makin bertumbuh. Adanya dukungan dan komitmen dari pemerintah juga membuat kami bersemangat [menciptakan solusi bisnis] jadi ada target, seperti 20 juta pelaku UMKM harus bergabung dalam ekosistem digital."
Baca Juga: GoTo Tunjukkan Komitmen Dukung UMKM Lewat Kinerja yang Memuaskan
Selaras dengan penyampaian Novi, Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia, menjelaskan, UMKM adalah penyokong lebih dari 60% pendapatan negara, maka tumbuh-kembangnya menjadi tanggung jawab bersama, terlebih demi mendorong pemulihan ekonomi nasional yang kini terdampak pandemi.
"Website Mitra Usaha GoTo yang lahir dari kolaborasi antarsetiap platform di dalam ekosistem GoTo diharapkan dapat semakin membantu UMKM dalam informasi, edukasi, dan inspirasi untuk peningkatan daya saing mereka di pasar serta berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi negeri. UMKM lokal dari berbagai daerah di Indonesia juga akan lebih dipermudah dalam berbagai inisitaif yang mengusung pendekatan hyperlocal melalui situs web Mitra Usaha GoTo," paparnya.
Namun, dalam adopsi digital, UMKM di Indonesia mengalami banyak tantangan, yaitu adopsi digital tidak semuanya sama rata. Dalam hal ini, Novi menyampaikan, GoTo sebagai perusahaan teknologi berupaya untuk tidak hanya berpaku untuk menyediakan solusi teknologi saja, melainkan juga memberikan literasi digital dengan menyediakan kelas dan komunitas sehingga produk teknologi yang dihasilkan dapat dipakai dan memberikan manfaat serta pengaruh bagi UMKM.
“Sejauh ini sudah ada 14 tipe kelas dan komunitas yang bisa dipilih mana yang cocok dan sesuai yang dapat digunakan untuk saling belajar dan bertumbuh serta membangun bisnis. Kami menyediakan produk beserta cara pakainya, ini juga untuk membangun jejaring komunitas masing-masing sehingga pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnisnya dan bisnis akan bertumbuh. Setelah bisnis bertumbuh, kami juga menyediakan banyak program yang disediakan sehingga bisnis tetap dapat bertahan, bersaing, dan terus berkembang,” tutur Novi.
Pada dasarnya, GoTo telah memberikan dukungan solusi bisnis yang merupakan solusi holistik untuk membantu UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Solusi ini dilengkapi tidak hanya produk saja, melainkan juga disertai dengan pelatihan. Melalui solusi bisnis holistik, solusi yang dihadirkan oleh GoTo dapat membantu UMKM di setiap lini pertumbuhan atau fase bisnis yang dijalankan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: