Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Senator Amerika Mendarat di Taiwan, Kirim Sumpah ke China: Xi Jinping Tidak Membuat Saya Takut

Senator Amerika Mendarat di Taiwan, Kirim Sumpah ke China: Xi Jinping Tidak Membuat Saya Takut Kredit Foto: Reuters/Ann Wang
Warta Ekonomi, Taipei -

Senator Amerika Serikat Marsha Blackburn pada Kamis (25/8/2022) menjadi anggota Kongres terbaru yang mengunjungi Taiwan menentang tekanan dari Beijing.

"Saya tidak akan diganggu oleh Komunis China untuk menolak pulau itu," kata Blackburn, dilansir CNN.

Baca Juga: Pantas China Makin Murka, Senator Amerika Tiba di Taiwan, Lihat Siapa yang Menjemput

Perjalanan Blackburn, seorang Republikan Tennessee yang duduk di Komite Angkatan Bersenjata Senat, mengikuti sejumlah kunjungan baru-baru ini oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan pejabat AS lainnya.

"Taiwan adalah mitra terkuat kami di Kawasan Indo-Pasifik. Kunjungan tingkat tinggi reguler ke Taipei adalah kebijakan lama AS," kata Blackburn dalam sebuah pernyataan, Kamis.

Kunjungan Pelosi, yang awal bulan ini menjadi pejabat tertinggi AS yang mendarat di pulau itu dalam 25 tahun, disebut oleh Beijing sebagai pemicu latihan militer skala besar selama beberapa hari di mana China menembakkan rudal ke Taiwan dan menerbangkan gelombang pesawat tempur ke zona identifikasi pertahanan udaranya.

Partai Komunis China yang berkuasa mengklaim Taiwan adalah bagian dari wilayahnya, meskipun tidak pernah memerintahnya, dan telah menolak untuk mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mengendalikannya.

AS tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, tetapi terikat oleh undang-undang untuk menyediakan pulau itu dengan senjata pertahanan dan sengaja tetap ambigu apakah akan campur tangan secara militer jika terjadi serangan China.

Dalam tweet hari Jumat (26/8/2022) pagi, senator AS, yang tidak mewakili pemerintahan Biden, menegaskan kembali dukungannya untuk Taiwan.

"Saya tidak akan pernah bersujud kepada Partai Komunis China," katanya dalam salah satu. "Saya akan terus mendukung (Taiwan) dan hak mereka untuk kebebasan dan demokrasi. Xi Jinping tidak membuat saya takut," tambahnya kemudian, merujuk pada pemimpin China.

Baca Juga: Zurich Syariah Jamin Keamanan Data Nasabah

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: