Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Terima Disebut Akal-akalan Swasembada Beras, IRRI Bantah Tuduhan Sudin DPR

Tak Terima Disebut Akal-akalan Swasembada Beras, IRRI Bantah Tuduhan Sudin DPR Kredit Foto: Kementan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Internasional Rice Research Institute (IRRI) membantah statement Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sudin yang menyebut bahwa plakat penghargaan Swasembada Beras yang diserahkan pada Presiden Joko Widodo di Istana pada 14 Agustus lalu hanya sebatas akal-akalan Kementerian Pertanian (Kementan) saja.

Perwakilan IRRI Indonesia Hasil Sembiring menyebut, plakat yang diterima Indonesia memiliki mekanisme panjang serta telah melalui pertemuan di beberapa tahun terakhir. Dia juga menyebut bahwa IRRI membuat plakat penghargaan di Indonesia karena mempertimbangkan sisi efesiensi dan konvensi melalui sertifikat plakat.

Baca Juga: Jokowi Terima Penghargaan Ketahanan Pangan Beras dari IRRI di Istana Kepresidenan

"Saya tidak mengerti apa yang diributkan DPR (Sudin). Saya perlu kasih tau bahwa diskusi pembuatan sertifikat ini prosesnya berbulan-bulan dan sudah melalui pertemuan berkali-kali. Bahkan terkhir Dirjen IRRI, Jean Balie diskusi langsung dengan Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo)," kata Hasil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/9/2022).

Dia mengungkapkan, dampak pandemi Covid-19 yang tinggi beberapa bulan lalu membuat mobilitas IRRI terhambat. Berdasarkan hal tersebut, Hasil melanjutkan, IRRI memutuskan untuk membuat plakat sertifikat di Indonesia.

Selain itu, Hasil juga menegaskan bahwa Dirjen IRRI Jean Balie datang ke Indonesia menggunakan uang sendiri pada saat memberikan plakat tersebut secara simbolis. Hanya mobil, kata Hasil, yang digunakan pada saat dipinjamkan pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Anies Baswedan Resmikan Sekolah Net Zero Carbon dengan Anggaran Rp126 Miliar, Eh Langsung Disemprot: Program Gak Bermanfaat!

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: