Masifnya perkembangan teknologi memudahkan individu membuka usaha. Setiap orang tidak perlu malu mempromosikan produk barang atau jasa secara digital. Semua bisa dilakukan melalui pembuatan konten di media sosial.
“Jangan malu. Yang namanya pengusaha tidak boleh malu. Teman-teman kebayang ingin produknya dikenal, tapi kebanyakan hanya menunggu bola,” kata Dosen Digital, Relawan Mafindo, dan Pandu Digital Indonesia, Aidil Wicaksono saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Rabu (31/8/2022).
Baca Juga: Era Digital Ciptakan Tren Pekerjaan Ganda
Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.
Aidil menyebutkan, kondisi offline-online dan digital-konvensional tidak jauh berbeda. Hanya gaya atau wadahnya yang berbeda. Setiap pengusaha konvesional pernah mengalami harus mencari cara menarik konsumen agar datang ke tokonya. Misal, dengan menggunakan lampu-lampu berwarna untuk mempercantik eksterior.
“Di dunia digital juga sama. Dipercantiknya melalui konten-konten. Sekali posting itu tidak cukup. Jadi teman-teman jangan hanya mau closing-nya saja. Tapi kita tidak mengarahkan konsumen mengenai produk barang atau jasa yang dijual teman-teman sesuai dengan penyelesaian masalahnya atau tidak,” kata Aidil.
Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.
Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara Dosen Digital, Relawan Mafindo, dan Pandu Digital Indonesia, Aidil Wicaksono. Kemudian Relawan MAFINDO Jombang dan Guru SMAN Ploso Jombang, Hanifah Atmi Nurmala, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), Public Figure, dan Dadpreneur, Indra Brasco.
Baca Juga: Tips Aman Bermedia Digital
Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar