Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rizal Ramli Kasih Solusi Biar Harga BBM Tidak Naik, Singgung Kinerja MK dan Proyek IKN: Hentikan!

Rizal Ramli Kasih Solusi Biar Harga BBM Tidak Naik, Singgung Kinerja MK dan Proyek IKN: Hentikan! Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pakar Ekonomi dan Politikus, Dr. Rizal Ramli mengomentari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang resmi ditetapkan pemerintah pada Sabtu (3/9/2022). Ia mengeklaim punya solusi agar harga BBM tidak perlu naik di tengah tekanan APBN.

"Menaikan harga BBM?, pemerintah hentikan pengeluaran yang tidak perlu, seperti proyek ibukota," tulis Dr. Rizal Ramli di Twitter pribadinya.

Baca Juga: Rakyat Menjerit karena Harga BBM Naik! Instagram Jokowi Diserbu Netizen: Pak Coba Cek Gaji Karyawan, Kok Nggak Naik?

Rizal menganggap proyek seperti pembangunan ibu kota negara (IKN) adalah proyek abal-abal. Oleh karena itu, ia meminta agar pemerintah mengurangi pengeluaran terhadap lembaga-lembaga negara, salah satunya adalah Mahkamah Konstitusi.

"Mahkamah Konstitusi yang anggaran malah dinaikkan 4x, padahal kinerjanya kurang baik, badan-badan baru dan staffing potong," ungkapnya.

"Perintahkan komisaris dan direksi potong ineffesiensi Pertamina dan PLN sebesar 20%," lanjutnya.

Baca Juga: Puluhan Ribu Buruh Bakal Terjun Aksi Besar-besaran Tolak Kenaikan Harga BBM, Catat Pusat Tempat dan Tanggalnya!

Ia juga terang-terangan mengungkapkan bahwa kinerja dari Mahkamah Konstitusi kurang baik atau yang menurutnya payah, sedangkan potongan ineffesiensi Pertamina dan PLN bukanlah hal yang asal mereka bersih dan profesional.

Selain itu dirinya juga mengungkapkan dengan tegas agar tidak ada titipan politik dan juga hutang budi presiden. Menurut Rizal Ramli, jika hal-hal tersebut bisa direalisasikan maka BBM tidak perlu naik.

Baca Juga: Imbas Ngadu Bakal Capresnya Dijegal, Demokrat-Gerindra Disentil: Cengeng!

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: