Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Mengelola Website Agar Ramah SEO Secara Organik

Cara Mengelola Website Agar Ramah SEO Secara Organik Kredit Foto: Unsplash/Brooke Cagle
Warta Ekonomi, Jakarta -

SEO atau Search Engine Optimization adalah optimisasi mesin pencari seperti Google untuk memudahkan sebuah website ditemukan pengguna dengan berbagai cara dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik website.

SEO Specialist di Fabelio, Gibran Risnutama membagikan kiat-kiat meningkatkan SEO secara organik (tak berbayar) agar optimal di mesin pencari Google. Berikut ulasannya yang dikutip dari video YouTube RevoU bertajuk How to Manage Your Website for SEO | Expert Sharing Session #20!

Membuat Meta Data & SEO Body Text

Meta Data adalah penjelasan singkat mengenai isi konten di dalam website di Google. Dalam Meta Data juga dapat dijelaskan apa kelebihan di dalam website sehingga pengguna akan tertarik untuk mengunjungi website tersebut.

1. Foldering Keyword Research

Tahap awal dalam Meta Data adalah dengan foldering Keyword Research atau kata kunci yang sudah dicari berdasarkan data. Foldering dapat dilakukan di Google Sheets untuk menghemat waktu dalam mencari data tersebut saat dibutuhkan. Dalam foldering data kata kunci, buatlah kata kunci mulai dari yang umum hingga spesifik.

Langkah awal mencari kata kunci adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang hendak kita cari, data apa yang kita dapatkan bisa dicari di Keyword Planner dalam Google Ads. Sebagai contoh, mencari 'kemeja pria', kemudian akan ada banyak keyword yang muncul sehingga memudahkan kita untuk memilih kata kunci mana yang paling pas.

Setelah itu, data keyword yang keluar sebaiknya disimpan di dalam folder Google Sheet yang sudah dibuat. Lalu, lakukan sorting kategori keyword tersebut agar sesuai dengan kebutuhan website kita. Melakukan sortir data keyword membutuhkan waktu yang cukup lama karena data keyword berjumlah ribuan.

Baca Juga: Apa Itu Web3?

2. Menentukan URL website

Setelah itu kita dapat ditentukan nama website yang relevan dengan kategori utama dalam website kita. Google akan lebih mudah menemukan website yang terstruktur. Struktur yang baik memiliki struktur yang jelas. Dan URL yang bagus adalah URL yang singkat dan tidak memakan tempat dengan struktur yang jelas, tidak ada angka di tengah-tengah, dalam kategori terdapat diseparasi dengan garis miring.

Pembuatan URL yang bersih menjadi salah satu faktor yang memudahkan Google menemukan website.

3. Masukkan keyword yang relevan

Kemudian barulah memasukan keyword yang relevan minimal lima keyword. Hindari duplikasi keyword karena hanya akan meningkatkan impresi tapi menurunkan rate klik. Berhati-hatilah dengan perubahan URL yang mendadak karena proses organic growth akan menurun secara signifikan karena sulit untuk dibaca Google.

4. Membuat Meta Data

Selanjutnya pembuatan Meta Data maksimal 60 karakter dengan Meta Deskripsi maksimal 160 karakter. Meta Data yang baik memiliki keyword, deskripsi yang persuasif dan penjelasan sangat jelas serta memiliki USP (Unique Selling Proposition) lebih dari kompetitor.

5. Membuat SEO Body Text

SEO Body Text adalah elemen terpenting dalam SEO karena Meta Data tidak sekuat levelnya dengan Body Text. SEO Body Text paling tidak berjumlah 300-500 kata dan buatlah semenarik mungkin. Lalu, tarik body text tersebut ke dalam kata kunci yang relevan. Pembuatan body text tidak serta-merta diberatkan pada keyword volume atau jumlah keyword yang banyak, tapi fokuslah pada keyword yang relevan dalam website.

Baca Juga: Ade Armando Sebut Aremania Bergaya Preman Hingga Jadi Penyebab Utama Tragedi, Warganet Geram: Gak Usah Dikasih Panggung!

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: