Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tentukan Definisi Suksesmu dalam Berbisnis

Tentukan Definisi Suksesmu dalam Berbisnis Kredit Foto: Unsplash/ Mimi Thian
Warta Ekonomi, Jakarta -

Masifnya perkembangan teknologi informasi membuat bisnis makin beragam. Setiap individu harus lebih dulu menentukan definisi kesuksesan sebelum berbisnis di media sosial.

"Tentukan dulu definisi berhasil menurut kita apa, kadang berhasil itu tidak menentukan sukses atau berhasil sesuai definisi kita. Kita lihat orang lain sukses, kita mengejarnya dan sukses, tapi ternyata bukan kita," kata Relawan TIK dan G-Coach Pro, Eko Sugiono, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu (3/9/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Baca Juga: Jangan Tertipu Algoritma Media Sosial!

Definisi sukses setiap individu tentu berbeda-beda. Ada orang mendefinisikan sukses ketika bisnisnya memiliki 10 karyawan dengan dua cabang. Penetapan definisi kesuksesan, menurut Eko, akan menentukan strategi bisnis yang diterapkan.

Misal, individu menentapkan sukses itu membuat omzet Rp50 juta per bulan. "Maka harus tahu berapa penjualan per hari, bagaimana cara promosi, langkah detailnya. Itu ada ukurannya sehingga tahu kalau sudah berhasil atau 20 persen dari target," kata Eko.

Entrepreneur dan Founder of Coffee Meets Stocks, Billy Tanhadi, menambahkan, berhasil dalam bisnis ditentukan banyak variabel. Bisa dibantu momentum atau apapun. Intinya harus trial and error, edit testing. Tidak ada strategi bisnis yang dicoba apply langsung berhasil, biasanya strategi ketiga hingga keempat baru membuahkan hasil.

"Jadi trial and error dulu, mana yang berhasil, kemudian jalankan dan tingkatkan," kata Billy.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: