Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PNBP Kominfo Terus Meningkat, Menkominfo Johnny Targetkan Rp25 T di Tahun 2023

PNBP Kominfo Terus Meningkat, Menkominfo Johnny Targetkan Rp25 T di Tahun 2023 Kredit Foto: Kominfo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan, sejak tahun 2018 hingga 2021 tren realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor komunikasi dan informatika terus mengalami peningkatan. Lelang spektrum frekuensi radio menjadi salah satu sumber utama kenaikan PNBP dari tahun ke tahun.

"Dari tahun ke tahun, realisasi PNBP Kementerian Kominfo terus meningkat. Hal ini disebabkan dengan adanya atau hasil dari ekstensifikasi berupa pelelangan spektrum frekuensi dan intensifikasi PNBP," jelasnya dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Soal Perlindungan Data Pribadi, Kominfo dan DPR Bawa Kabar Gembira!

Menurut Menteri Johnny, tahun 2018 realisasi PNBP Kementerian Kominfo sebesar Rp21,3 triliun, dan terus meningkat sampai dengan tahun 2021 sebesar Rp25,4 triliun. "Dibandingkan dengan tahun 2021, target PNBP tahun 2022 akan mengalami kenaikan, ditargetkan PNBP Kominfo mencapai Rp24,7 triliun," ujarnya.

Menkominfo menyatakan, target tersebut masih berpotensi mengalami kenaikan karena adanya kemungkinan lelang spektrum frekuensi baru yang akan berlangsung tahun 2022. 

"Di tahun 2023, Kominfo menargetkan Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp25,07 triliun. Ini setelah mengalami beberapa peningkatan baik melalui rencana ekstensifikasi maupun intensifikasi PNBP," jelasnya.

Baca Juga: Erick Thohir Tunjuk Heru Handayanto Sebagai Direktur Keuangan Indonesia Financial Group

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: