Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Penguatan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Penguatan Ekonomi dan Keuangan Syariah Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Indonesia fokus menjadikan ekonomi keuangan syariah fondasi untuk memulihkan serta memajukan perekonomian nasional. Berbagai program pun terus diupayakan, tidak hanya di pusat, tetapi juga di daerah. Untuk itu, diperlukan optimalisasi dalam mengembangkan potensi di daerah sebagai upaya memperkuat ekonomi dan keuangan syariah.

“Potensi di daerah seperti kawasan industri halal kita terus dorong, potensinya apa, UKM-nya, dan industri keuangannya, juga melalui koperasi sampai pada Baitul Mal wa Tamwil (BMT), Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS), hingga yang terkecil itu bank wakaf mikro kita bangun,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika menerima Tim Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2 Jakarta, Rabu (14/09/2022).

Baca Juga: Wapres Tekankan Masalah Ketenagakerjaan Butuh Perhatian Bersama

Lebih lanjut, Wapres menekankan bahwa penguatan ekonomi dan keuangan syariah akan terus pemerintah lakukan melalui keberadaan lembaga yang membidangi ekonomi dan keuangan syariah.

“Kita memang ingin komponen ekonomi syariah yang kita bangun terus kita perkuat, itulah makanya kita membangun Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS),” jelasnya.

Terkait keberlangsungan Bank Muamalat, Wapres meminta agar tetap dijaga karena Bank Muamalat merupakan pioneer dari ekonomi keuangan syariah Indonesia.

“Bank Muamalat harus terus dijaga keberlangsungannya karena memang Bank Muamalat itu pioneer sekaligus ikon,” pesan Wapres.

Baca Juga: Wapres: 4 Cara Wujudkan Dunia Kerja Baru Inklusif

Selain membahas optimalisasi penguatan ekonomi dan keuangan syariah, pada kesempatan tersebut Tim CSPS SKSG UI juga  menyerahkan buku “Bank Muamalat Reborn” yang berisikan sejarah Bank Muamalat, dimulai dari masa terbentuk, hingga proses mempertahankan keberadaan ikon bank syariah di Indonesia.

Baca Juga: Bank Jateng Perluas Layanan Perbankan Hingga Ke Universitas Indonesia

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: