Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akuisisi Rampung, Astra dan WeLab Akan Sulap Bank Jasa Jakarta Jadi Bank Digital

Akuisisi Rampung, Astra dan WeLab Akan Sulap Bank Jasa Jakarta Jadi Bank Digital Kredit Foto: Dok. Astra.
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Astra International Tbk (ASII) melalui PT Sedaya Multi Investama (Astra Financial) resmi merampungkan akuisisi OT Bank Jasa Jakarta (BJJ) pada Senin, 19 September 2022. Akuisisi Bank Jasa Jakarta yang dilakukan Grup Astra bersama WeLab melalui WeLab Sky Limited itu pun telah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro, mengungkapkan bahwa dengan selesainya akuisisi ini, Astra Financial dan WeLab Sky resmi menjadi pemegang saham mayoritas dan pengendali Bank Jasa Jakarta dengan kepemilikan saham masing-masing 49,56%. Ke depannya, Astra dan WeLab akan menyulap Bank Jasa Jakarta menjadi bank digital inovatif di Indonesia.

Baca Juga: Cerita dari Bos BCA yang Renovasi Rumah Pakai Cuan Saham King BBCA

"Investasi di Bank Jasa Jakarta sejalan dengan aspirasi Astra pada pilar jasa keuangan untuk menjadi penyedia layanan jasa keuangan ritel yang terdepan di Indonesia serta mendukung perkembangan industri jasa keuangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia," tegas Djony, Senin, 19 September 2022.

Direktur Astra sekaligus Director-In-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin, menambahkan bahwa melalui strategi omnichannel, Bank Jasa Jakarta sebagai bank digital akan melengkapi produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan kepada pelanggan Astra. Ia menyebut, sebuah hasil riset menunjukkan bahwa sekitar 77% masyarakat di Indonesia masih tergolong ke dalam kategori unbanked dan underbanked. 

"Melalui kerja sama ini, kami berharap Bank Jasa Jakarta dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta mempercepat inklusi dan literasi keuangan di Indonesia," sambung Suparno.

Pada kesempatan yang sama, Founder dan Group CEO WeLab, Simon Loong, mengatakan bahwa memperluas kehadiran layanan bank digital di seluruh Asia, mulai dari Hong Kong hingga Indonesia merupakan salah satu langkah strategis WeLab. Kemitraan dengan Astra juga dinilai dapat mendukung fokus strategis WeLab dalam meningkatkan sinergi lintas negara dan bisnis dengan para mitra dalam memperluas skala dan jangkauan untuk selanjutnya memperkuat jaringan dari platform fintech pan-Asia yang ada.

"Kami antusias bahwa mitra jangka panjang kami, Astra, akan bekerja sama dengan kami untuk memberikan layanan perbankan berbasis teknologi terbaik melalui Bank Jasa Jakarta di Indonesia. Kami berharap dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui kerja sama dengan Astra," pungkas Simon.

Baca Juga: Respons Novel Baswedan Dianggap Lebay pada Febri Diansyah, Ucapannya Diungkit: Teman Sampeyan Justru Ikuti Cara Anda!

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: