Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan untuk kelima kalinya menerima penghargaan Internasional sebagai salah satu bandara terbaik untuk kategori Bandara dengan kelas Penumpang 5-15 juta.
Penghargaan prestisius ini diperoleh melalui pengukuran secara periodik setahun penuh sehingga predikat "Best Airports in Asia-Pasific by Size and Region", Airport Service Quality Awards 2021 (ASQ Awards 2021) yang tahun ini diselenggarakan di Krakow Polandia oleh Airport Council International (ACI).
Baca Juga: Menhub Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Penumpang
Selain itu, Bandara SAMS Sepinggan juga mendapatkan penghargaan "The Airport Council General's Roll of Excellence in Airport Service Quality" yang hanya diberikan kepada Bandara yang telah menerima penghargaan ASQ Award dari ACI 5 kali dalam 5 tahun secara berturut-turut.
Dengan predikat ini maka Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan satu-satunya di Indonesia yang mampu secara konsisten memperoleh dan mempertahankan gelar tersebut.
General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma, menyampaikan penyerahan penghargaan berlangsung pada puncak acara Awarding kepada PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, bersama dengan Bandara Terbaik lainnya dalam rangkaian kegiatan ACI Customer Experience Global Summit 2022 di Krakow, Polandia, 15 September 2022.
Baca Juga: Balikpapan Kampanyekan Kota Paling Dicintai di Dunia
"Keberhasilan yang telah dicapai, baik dalam menjaga dan mempertahankan kualitas layanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, merupakan bentuk kerja keras dan kerja sama yang baik pihak manajemen PT Angkasa Pura I dengan seluruh pemangku kepentingan. Sungguh merupakan usaha dan pengorbanan yang memberikan kebanggaan tidak saja untuk masyarakat Kota Balikpapan dan Kalimantan Timur, melainkan seluruh Indonesia," katanya.
Menurutnya, tidak semua negara yang memiliki Bandara Internasional mampu untuk memberikan layanan kelas dunia dan mempertahankan dalam 5 tahun berturut-turut. Dengan penghargaan prestisius tersebut, terbayar tunai jerih payah yang telah diberikan dan menjadikan energi baru untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa, sinergi, dan kerja sama yang baik serta dukungan seluruh entitas bandara.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Andi Aliev
Editor: Ayu Almas