Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nilai Pancasila, Landasan Etika Digital Masyarakat Indonesia

Nilai Pancasila, Landasan Etika Digital Masyarakat Indonesia Kredit Foto: Unsplash/Muhammad Raufan Yusup
Warta Ekonomi, Jakarta -

Budaya bermedia digital dianggap perlu sebagai landasan dalam berperilaku di dunia maya, berupa kemampuan membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa dan membangun wawasan kebangsaan, nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari. 

"Budaya digital adalah budaya Pancasila, menjadikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan kecakapan digital," ujar Ketua Komite Litbang Mafindo, Nuril Hidayah saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pada Kamis (15/9/2022). 

Baca Juga: UU PDP Membuat Konsumen Semakin Nyaman Bertransaksi Digital

Di mana karakter warga digital yang sesuai Pancasila akan bisa memahami cinta kasih, toleransi, menghormati perbedaan, serta keberagaman dan gotong royong dalam bentuk kolaborasi. Dalam Pancasila sila-4 misalnya memiliki nilai utama demokratis, maka ketika menjadi masyarakat digital akan menghormati kebebasan berekspresi dan berpendapat di ruang digital. 

Karakter Pancasilais juga diaplikasikan dalam kehidupan digital dengan sikap tepa selira dan budaya gotong royong yaitu berpartisipasi, berbagi, menginspirasi, saling menghargai, bersinergi. Beberapa contoh untuk menerapkannya antara lain menggalang solidaritas warga melalui media digital, gerakan sosial sepanjang pandemi seperti donor plasma konvaselen dan kampanye menanam mangrove. 

"Dunia digital merupakan dunia kita sekarang, mari isi dan jadikan sebagai ruang yang berbudaya, tempat belajar dan berinteraksi," tambahnya. 

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi

Baca Juga: RUU Aset Digital Rusia Akan Berikan Akses pada Kripto untuk Transaksi Lintas Batas

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Founder - Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Andry Hamida, Ketua Komite Litbang Mafindo, Nuril Hidayah, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), seorang Public Figure, Enno Lerian. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Baca Juga: Ini Strategi BCA Insurance Perkuat Perlindungan Data Nasabah

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: