Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Rampung, Diresmikan Langsung oleh Jokowi

Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Rampung, Diresmikan Langsung oleh Jokowi Kredit Foto: Sinar Mas Land
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk  telah merampungkan pembangunan Tol Serpong–Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang ±4 km. Tol Serbaraja dan Tol Cibitung-Cilincing yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) diresmikan bersamaan secara hybrid oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengungkapkan Tol Serpong-Balaraja seksi 1A ini adalah bagian dari tol JORR 3 yang bersama JORR 2 direncanakan rampung pada 2023 sehingga nantinya dari Barat ke Timur atau sebaliknya tidak usah melalui tengah Jakarta dan dapat mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta. 

"Tol ini merupakan jalan untuk mempercepat mobilitas barang dan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan di ekspor. Pagi hari ini saya resmikan jalan tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja seksi 1 yang segera bisa kita operasionalkan," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima Warta Ekonomi, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Waspada Era Jokowi Terulang, Omongan SBY Gak Bisa Diremehkan, Anies Baswedan dan AHY Harus Disahkan!

Pembangunan Tol Serbaraja seksi 1A merupakan bagian pertama yang telah rampung dibangun secara mandiri oleh PT Trans Bumi Serbaraja. Perusahaan berkomitmen untuk memenuhi seluruh Standard Pelayanan Minimum (SPM) bagi pengguna jalan Tol Serbaraja seksi 1A. Ruas tol ini telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada 22-24 Juni 2022 lalu dan telah memperoleh Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta telah diterbitkannya SK Operasi.

Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol, PT Trans Bumi Serbaraja menyediakan berbagai layanan di sepanjang ruas jalan tol yang dikelolanya. Layanan tersebut di antaranya kontrol selama 24 jam baik melalui CCTV maupun petugas yang melakukan patroli sesuai dengan standar jalan tol yang berlaku. Selain itu, layanan lalu lintas jalan tol ini juga dilengkapi dengan kendaraan derek, ambulans, rescue, dan patroli jalan raya (PJR).  

Ke depannya, pembangunan Tol Serbaraja akan memiliki total keseluruhan panjang ±40 km yang terbagi dalam tiga tahap yakni seksi I Serpong-Legok (±9,4 km), seksi II Legok-Pasir Barat (±11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km). Tol ini akan terkoneksi dengan tol Jakarta-Serpong, tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa. Hadirnya Tol Serbaraja ini diharapkan dapat meringankan lalu lintas yang selama ini membebani jalan-jalan di kawasan Tangerang Raya, Banten.

Baca Juga: Kantongi ISO 27001, Generali Indonesia Pastikan Keamanan Data Nasabah

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: