Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Respons Kemenlu RI Terkait Mobilisasi Militer yang Dilakukan Rusia

Begini Respons Kemenlu RI Terkait Mobilisasi Militer yang Dilakukan Rusia Kredit Foto: Reuters/Alexander Ermochenko
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) merespons terkait keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin yang memulai mobilisasi militer parsial.

Juru bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah, menyampaikan Indonesia akan terus mengikuti perkembangan terkini dari konflik antara Rusia dan Ukraina.

Baca Juga: Media Rusia: Xi Jinping Desak Militer China Fokus Persiapan Perang

"Kebetulan kami memiliki perwakilan di Ukraina dan Rusia, jadi berbagai perkembangan tentu kami ikuti, terutama di wilayah konlik," kata Teuku Faizasyah, dalam media briefing Kemenlu RI, Kamis (22/9/2022).

Jubir Kemenlu RI tersebut juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mencermati konflik yang terjadi, serta mencermati pernyataan dari Presiden Rusia.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan dimulainya mobilisasi militer pada Rabu, 21 September 2022 kemarin, dan mobilisasi militer tersebut langsung berlaku sejak pengumuman disuarakan. Hal ini mengakibatkan sejumlah protes pecah di berbagai kota di Rusia, menentang aksi mobilisasi militer tersebut.

Baca Juga: Dituduh Media Barat Jual Senjata ke Rusia, Korea Utara: Amerika Makin Sembrono Sebar Teori Konspirasi

Lebih lanjut, Faizasyah juga menyebut bahwa Menteri Luar Negeri RI (Menlu RI), Retno Marsudi, yang saat ini sedang berada di New York juga tentu akan aktif dalam mengangkat isu tersebut.

"Menlu juga sedang berada di New York, dan satu kesempatan yang baik untuk melakukan komunikasi serta konsultasi dengan pihak terkait soal konflik Ukraina dan Rusia," ujarnya.

Baca Juga: PAN Jateng Dukung Pencapresan Ganjar Pranowo, Pengamat: Bisa Dapat Tiket Capres KIB

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: