Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Peredaran Tabloid di Masjid Bisa Rugikan Anies Baswedan: Kalau Sampai Dikatakan Kadrun, Lebih Susah Itu

Peredaran Tabloid di Masjid Bisa Rugikan Anies Baswedan: Kalau Sampai Dikatakan Kadrun, Lebih Susah Itu Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pihak yang menyebarkan tabloid berisi kesuksesan Anies Baswedan disebut analis politik Wawan Sobari merupakan simpatisan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Peredaran tabloid itu, menurutnya, tidak masalah asal beritanya tidak memfitnah.

Akan tetapi, ditegaskan Wawan Sobari, hal itu menjadi masalah jika sudah berisi fitnah, tidak akan bagus untuk proses demokrasi menuju pemilu 2024. Dia juga mengatakan, dinilai dari tempat penyebaran tabloid, bisa dikatakan sasaran utamanya kaum muslim dan hal itu bisa dikategorikan juga sebagai bagian dari politik identitas.

Baca Juga: Bawa-Bawa Taliban, Jhon Sitorus Soroti Beredarnya Tabloid Anies Baswedan: Memang Efektif...

"Kalau saya sih sebenarnya konsep politik identitas di Indonesia itu merugikan. Sebenarnya di ilmu politik, konsep politik identitas itu biasa. Contoh di Amerika Serikat saya beridentitas liberal saya konservatif itu biasa-biasa saja. Problemnya mereka dihadapkan pada situasi berhadap-hadapan," kata Wawan, melansir Suara.com, Jumat (23/9/2022).

Dampak lain dari penyebaran tabloid itu adalah potensi muncul stigma yang kurang menguntungkan buat Anies. "Kalau tabloid disebarkan di masjid merugikan Anies karena dia hanya mewakili kalangan Islam. Apalagi kalau nanti dibuat cap-cap seperti dulu dikatakan kadrun itu lebih susah lagi," katanya.

Baca Juga: Ekonomi Makin Pulih, Penyaluran Kredit BTPN Naik Hingga 10%

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: