Menjaga Kedaulatan Digital dengan Infrastruktur dan Pemahaman Budaya
HootSuit dan We Are Social pada awal 2022 merilis data jumlah pengguna internet yang kini mencapai 204,7 juta, setara 73,7 persen dari total populasi Indonesia. Peningkatan penggunaan internet ini perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif dan bijak.
Kepala Dinas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Tulungagung, Samrotul Fuad, mengatakan, menurut laporan Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia (APJII), konten yang sering diakses pengguna internet 89 persen adalah media sosial. Sementara, percakapan diakses sebanyak 73 persen, belanja online 21 persen, game online 14 persen, dan disusul portal berita 11 persen.
Baca Juga: Mempersiapkan Generasi yang Cakap Digital, Mampu Melindungi dari Serangan Siber
"Kalau melihat data ini kita bisa melihat betapa besarnya peluang kalau bicara bisnis dan sekaligus tantangan. Bisa menjadi ancaman bagaimana kita menjaga kedaulatan digital kita," ungkapnya saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (20/9/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.
Ia melanjutkan, posisi pemerintah sebagai regulator dan fasilitator, menyiapkan infrastruktur agar akses internet bisa sampai ke desa-desa. Begitu pula dengan program percepatan penyediaan akses internet di sekolah wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Kominfo sudah menargetkan 5.000 BTS di daerah terpencil dan menghadirkan internet setara 4G. Dengan Palapa Ring yang menyatukan wilayah Indonesia, saat ini ada sekitar 400 kabupaten/kota lebih sudah terjangkau jaringan serat optic.
Selanjutnya, melihat ciri generasi digital, dapat dilihat dari identitas, proses belajar, kebebasan berekspresi, dan privasi. Dari sisi identitas memiliki akun media sosial sebagai tanda eksis, generasi digital juga selalu mengakses Google maupun Yahoo serta mesin pencarian lainnya untuk belajar. Dari segi kebebasan juga cenderung tidak suka dikekang, ingin memegang kontrol untuk bebas berekspresi, sementara dari sisi privasi generasi digital juga lebih terbuka.
Dengan latar belakang tersebut, Samrotul mengatakan diperlukan penguatan karakter bangsa sebagai manusia modern. Yakni dengan budaya bermedia digital yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia, panduan karakter berperilaku di dunia nyata yang kini juga harus diimplementasikan dalam dunia maya. Sikap cinta kasih, gotong royong, tepa selira, saling menghargai perbedaan dalam toleransi, sifat mengedepankan kepentingan bersama akan menjadikan ruang digital aman dan kondusif.
Baca Juga: Identitas di Dunia Maya Jangan Asal Dibagikan di Internet
Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Tulungagung, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.
Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Enterpreneur dan Founder of Coffee Meets Stock, Billy Tanhadi; Kepala Dinas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Tulungagung, Samrotul Fuad; dan Relawan TIK Tulungagung, Arif Nuraini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum