Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Halal Hub Kampar Siap Bawa Produk Lokal Mendunia

UMKM Halal Hub Kampar Siap Bawa Produk Lokal Mendunia Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

UMKM Halal Hub merupakan sebuah strategi yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Kampar bekerja sama dengan program Global Halal Hub, sebuah gerakan nasional yang telah digulirkan oleh Wapres RI, KH Ma'ruf Amin, pada 27 Januari 2022 yang lalu. 

Ekosistem pengembangan produk halal berbasis platform digital itu diharapkan menjadi motor sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan (stakeholders) mengakselerasi pengembangan UMKM dan produk halal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menguasai pasar global. Goorita melihat potensi produk pertanian dan perkebunan yang dihasilkan UMKM di daerah ini dapat dioptimalkan sehingga bisa bersaing di pasar lokal dan global. 

Baca Juga: Gandeng UOB Indonesia, Sompo Insurance Hadirkan Asuransi Buat UMKM

Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM., mengunjungi Goorita terkait penandatanganan MOU tentang pembangunan akses pasar Global, (22/9/2022). 

"Kami mempunyai produk terkenal yaitu ikan patin, batik kampar dan lain-lain sehingga produk-produk lokal Kampar ini bisa dikembangkan dan dipasarkan sampai Pasar Ekspor," ungkapnya. 

Baca Juga: Dukung UMKM, FWD Insurance Hadirkan Platform SME Connect

Dalam rangka pembinaan UMKM ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan yaitu permodalan dan pembinaan. Dalam kesempatan ini Pj Bupati kampar berharap "UMKM  sebagai pilar perekonomian, melalui pelatihan serta pembinaan, bisa memanfaatkan digitalisasi dengan sebaik-baiknya agar  bisa mengembangkan UMKM yang berbasis digitalisasi dan Globalisasi." 

Ketua Kopsyah Dudektif, Muizin Firmansyah S. Kom., menyampaikan perkembangan dan langkah-langkah yang telah dilakukan sejak ditunjuk menjadi ketua pengurus Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif yang saat ini sedang melengkapi persyaratan-persyaratan untuk membuat badan hukumnya, langsung didampingi oleh Kadis Koperasi  dan UMKM Kab. Kampar Hendri Dunan.

Baca Juga: Temui AHY Usai Dideklarasikan NasDem, Rocky Gerung Baca Niat Anies: Harus Ada Bagian Militer yang Masuk

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: