Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Transformasi UMKM 4.0, BI Sumut Gelar KKSU

Dorong Transformasi UMKM 4.0, BI Sumut Gelar KKSU Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara (BI Sumut) kembali menggelar Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) tahun 2022 sebagai upaya terus mendorong peningkatan kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam digitalisasi usaha dan mendorong transformasi UMKM 4.0.

Kepala Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi, mengatakan KKSU 2022 ini bertemakan UMKM  Sumatera Utara Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan. 

Baca Juga: Kolaborasi dengan Pemko Medan dan BMPD, BI Sumut Gelar Car Free Day Pekan QRIS Nasional 2022

"Kegiatan ini bertujuan mendorong transformasi UMKM 4.0 dengan digitalisasi proses pembiayaan, pemasaran, maupun pembayaran yang sejalan dengan upaya Bank Indonesia dalam mendorong UMKM 'naik kelas' dan turut berkontribusi terhadap perekonomian Nasional," katanya, Jumat (22/9/2022).

Menurut Doddy, tren digitalisasi UMKM saat ini juga diarahkan pada integrasi platform digital dengan makin dominannya interaksi merchant-platform-consumer. 

"Hal tersebut, antara lain melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang mendukung transaksi UMKM yang semakin cepat dan efisien," ujarnya.

Baca Juga: BI Sumut Gelar Pekan QRIS Nasional 2022 di Universitas Panca Budi Medan

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan launching Program Pusat Perbelanjaan Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai (SIAP) QRIS di Sumatera Utara. 

"Program ini berkolaborasi dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sumut dan 12 Pusat Perbelanjaan di Kota Medan," pungkasnya.

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2022, Zurich Syariah Targetkan Premi Tumbuh 50%

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: