Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Beras Naik, Mendag Zulhas Santai Saja: Bisa Dibantu Subsidi, Tidak Perlu Khawatir

Harga Beras Naik, Mendag Zulhas Santai Saja: Bisa Dibantu Subsidi, Tidak Perlu Khawatir Kredit Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejumlah bahan pokok belakangan mengalami kenaikan harga di pasaran, salah satunya yaitu beras. Terkait hal ini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) santai. Ia meminta masyarakat tak perlu khawatir.

"Misalnya harga beras dari Bulog sekian, lebih, bisa dibantu subsidi jadi tidak perlu khawatir sebetulnya karena dibiayai pemerintah (selisih harganya)," katanya dalam acara Kinerja 100 Hari Kerja Menteri Perdagangan di Jakarta, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: Lewat Operasi Pasar, Bulog Sumut Salurkan 27.600 Ton Beras

Pemerintah memiliki mekanisme cadangan stabilisasi harga dan pasokan (CSHP). Oleh karena itu, Mendag Zulhas memastikan nantinya masyarakat tidak akan membayar lebih mahal terhadap harga beras.

Menurut penjelasannya, saat ini harga beras mengalami kenaikan karena harga gabah naik dari Rp4.400 menjadi Rp5.500 mengingat tiap daerah di Jawa seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Banten membuat gabah dan banyak perusahaan yang menyerap gabah tersebut.

Baca Juga: Bertemu Mendag Arab Saudi, Zulhas Dorong Persetujuan Kemitraan Ekonomi Antara Indonesia-Arab Saudi

Dalam rangka mengendalikan kenaikan harga beras, Zulhas mengatakan bahwa ia akan terus berkoordinasi dengan Perum Bulog untuk menyelenggarakan operasi pasar di sejumlah wilayah.

Sementara dari sisi stok, ia menyebutkan saat ini cadangan beras pemerintah (CBP) yang ada di gudang milik Perum Bulog mencapai 800 ribu ton sehingga masih akan mampu mencukupi kebutuhan hingga akhir tahun.

Baca Juga: Prabowo Subianto Berapi-api Suruh Cari Pemimpin yang Cerdas dan Berani: Bukan yang Planga-plongo Tak Bisa Memimpin!

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: