Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Capai 53,3% dari Pagu APBN, Berikut Realisasi Belanja Negara Hingga Agustus 2022

Capai 53,3% dari Pagu APBN, Berikut Realisasi Belanja Negara Hingga Agustus 2022 Kredit Foto: Martyasari Rizky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan realisasi belanja negara hingga Agustus 2022 telah mencapai Rp1.657 triliun, atau 53,3% dari pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sebesar Rp3.106,4 triliun.

Realisasi belanja pada Agustus tersebut terdiri dari belanja Kementerian/Lembaga (K/L) yang mencapai Rp575,8 triliun atau sudah terserap 60,9% dari pagu anggaran.

Baca Juga: Waspada Bahaya Resesi Tahun 2023, Ini Penjelasan Sri Mulyani!

Belanja ini, lanjutnya, dimanfaatkan untuk penyaluran berbagai bantuan sosial dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada masyarakat, pengadaan peralatan/mesin, jalan, jaringan, irigasi, belanja pegawai termasuk THR dan gaji ke-13, serta kegiatan oprasional K/L. 

Sementara itu, belanja non-K/L telah mencapai Rp602,3 triliun atau 44,4% dari pagu anggaran. Belanja ini telah diarahkan utamanya untuk penyaluran subsidi, kompensasi BBM dan Listrik, serta pembiayaan pension (termasuk THR dan Pensiun 13), serta jaminan kesehatan ASN. 

Lebih lanjut, bendahara negara tersebut juga melaporkan realisasi dari transfer ke daerah (TKD) yang telah mencapai Rp478,9 triliun atau 59,5% terhadap pagu anggaran. Realisasi ini utamanya didukung karena kepatuhan daerah dalam menyampaikan syarat salurnya. 

Pembiayaan investasi telah terealisasi Rp55 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk pembiayaan investasi pada klaster infrastruktur untuk mendukung belanja modal K/L, khususnya dalam penyelesaian proyek strategis nasional dan pembiayaan sektor perumahan.

Baca Juga: Catat! Ini Jurus Jitu OJK Untuk Cegah Pencucian Uang di Industri Pergadaian

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: