Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Termasuk Sawit, Kemitraan Indonesia dan Belanda Tingkatkan Nilai Produk Unggulan Kaltim

Termasuk Sawit, Kemitraan Indonesia dan Belanda Tingkatkan Nilai Produk Unggulan Kaltim Kredit Foto: Antara/Bayu Pratama S
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga meyakini, kemitraan Indonesia–Belanda mampu meningkatkan potensi Kalimantan Timur dalam rantai nilai global Indonesia. Pemerintah Indonesia menilai, Belanda memiliki nilai strategis sebagai salah satu pintu masuk produk Indonesia ke pasar Eropa, khususnya untuk produk-produk unggulan dari Kalimantan Timur seperti minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan turunannya serta produk kayu.

Hal ini diungkapkan Jerry saat memberikan sambutan dalam dialog bertema “Memperkuat Rantai Nilai Global (Global Value Chains) Industri Kalimantan Timur dalam Kemitraan Ekonomi Indonesia dan Belanda”. Dialog diselenggarakan sebagai agenda kunjungan kerja Badan Kerja Sama Parlemen Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (BKSP DPD RI) di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur pada hari ini, Kamis (22/9/2022) lalu.

Baca Juga: Konsumsi Minyak Sawit Filipina Terus Meningkat, Ada Apa?

“Indonesia dan Belanda memiliki hubungan sejarah dan kemitraan ekonomi yang panjang. Hal ini menjadi keistimewaan yang dapat mendatangkan manfaat bagi kedua negara. Untuk itu, hubungan perdagangan ini perlu lebih ditingkatkan mengingat Belanda adalah anggota Uni Eropa. Kami berharap Belanda dapat menjadi pintu gerbang dan jembatan perdagangan Indonesia dengan negara Uni Eropa lainnya,” ujar Jerry dalam keterangan resminya. 

Jerry mengungkapkan, Kalimantan Timur menempati posisi terbesar ke-8 sebagai eksportir nonmigas Indonesia ke Belanda. Nilai ekspor nonmigas Kalimantan Timur ke Belanda pada Januari–Juli 2022 mencapai USD 135,8 juta atau naik 68,5 persen (YoY).

Jerry juga memberikan apresiasi kepada BKSP DPD RI yang telah menyelenggarakan dialog. Kementerian Perdagangan mengharapkan forum ini dapat mendorong upaya Kalimantan Timur menjadi bagian penting dari rantai nilai global Indonesia.

Baca Juga: Bimtek Sawit Baik Diharapkan Bisa Tingkatkan SDM Pertanian

“Untuk mengoptimalisasikan kemitraan perdagangan Indonesia dan Belanda, tentu pemerintah membutuhkan kerja sama dan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk dukungan DPD dan para pemangku kepentingan di wilayah Kalimantan Timur,” tutur Jerry.

Baca Juga: Jangkau Nasabah UMKM, Fintech KoinWorks Akusisi BPR Asri Cikupa Karya

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: