Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bawa Panduan Pemulihan Pariwisata, Sandiaga Uno Berikan 'Bali Guideline' untuk Delegasi TMM 2022

Bawa Panduan Pemulihan Pariwisata, Sandiaga Uno Berikan 'Bali Guideline' untuk Delegasi TMM 2022 Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut secara resmi para delegasi dari negara-negara anggota G20 termasuk negara tamu dan organisasi internasional pada pelaksanaan Tourism Ministerial Meeting (TMM) 2022 yang berlangsung pada Senin (26/9/2022) di Grand Hyatt Bali, Nusa Dua, Bali.

Menparekraf Sandiaga menyambut hangat dan berfoto bersama dengan masing-masing ketua delegasi. Tourism Ministerial Meeting (TMM) 2022 dihadiri total 150 delegasi dari 35 perwakilan negara anggota, negara tamu, dan organisasi internasional.

Baca Juga: Sandiaga Uno Yakin, Indonesia Akan Wujudkan Agenda Pariwisata Berkelanjutan Lewat WTD 2022

"Kami menyambut hangat seluruh delegasi dan sangat menanti kolaborasi kita dalam semangat bersama mendorong pemulihan pariwisata global, menjadikan pariwisata sebagai sektor yang lebih inklusif dan tangguh," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/9/2022).

Tourism Ministerial Meeting ini nantinya akan menyepakati "G20 Bali Guideline" sebagai panduan dalam upaya mendorong pemulihan pariwisata dunia dan membuat pariwisata lebih inklusif juga tangguh, yang salah satunya melalui penguatan komunitas dan UMKM sebagai agen transformasi pariwisata. Poin-poin dalam Bali Guideline sebelumnya telah dibahas lebih dulu pada 1st and 2nd Tourism Working Group.

"Kita akan menyelesaikan poin-poin kesepakatan yang akan kita tuangkan dalam Bali Guideline yang diharapkan bisa kita bawa sebagai bekal untuk menyambut era baru dari pariwisata di mana Indonesia sekarang dianggap negara yang membawa satu perubahan," kata Sandiaga.  

Tourism Ministerial Meeting sebagai bagian dari Presidensi Indonesia pada KTT G20 tahun 2022 juga akan dirangkai dengan perayaan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang dipusatkan di Bali pada 27 September 2022. Perayaan ini menjadi catatan sejarah yang besar bagi Indonesia karena untuk pertama kalinya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pariwisata Dunia.

Menparekraf Sandiaga mengajak seluruh pihak untuk ikut memeriahkan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day).

"Ini adalah saat yang sangat bersejarah untuk Indonesia. Kita mendapat kehormatan selain sebagai bagian dari G20, kita memimpin untuk memikirkan kembali kebangkitan pariwisata yang berbasis masyarakat untuk menciptakan pembangunan yang berkeadilan terutama dalam menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini," kata Sandiaga.

Baca Juga: Warga Bogor Setuju Sandiaga jadi Presiden karena Bawa Perubahan Positif bagi Bangsa

Pelaksanaan ini dikatakannya juga sebagai wujud pengejawantahan dari gerak cepat yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. Di mana tahun ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan dapat membuka 1,1 juta lapangan kerja dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

Baca Juga: UMP Jateng Rp1,9 Juta, Ganjar Pranowo Disentil: Buruh dan Rakyat Jateng Aja Tak Sejahtera, Gimana Mau jadi Presiden!

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: