Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Makin Moncer! Jeff Bezos Bekingi Platform Investasi Real Estat

Makin Moncer! Jeff Bezos Bekingi Platform Investasi Real Estat Kredit Foto: Instagram/Jeff Bezos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform investasi real estat yang didukung oleh pendiri Amazon.com, Inc Jeff Bezos terus meningkatkan akuisisi rumah sewa keluarga di beberapa pasar AS.

Platform bernama Arrived Homes ini memperoleh rumah keluarga tunggal untuk digunakan sebagai properti sewaan, kemudian menjual saham properti ini kepada investor melalui platform online. Pada tahun ini, permintaan untuk saham properti sewaan telah tumbuh secara eksponensial dengan total 165 properti didanai di platform dengan nilai lebih dari USD60 juta (Rp908 miliar).

Melansir Yahoo Finance di Jakarta, Selasa (27/9/22) perusahaan memiliki properti investasi di 20 dari 100 kota teratas untuk pertumbuhan populasi di AS. Ini diperkirakan akan berkembang menjadi 40 dari 100 kota teratas pada akhir tahun. Baru-baru ini, Arrived Homes diperluas ke Nashville, Cincinnati, dan Indianapolis.

Baca Juga: Bukan Lagi Orang Terkaya No. 2 di Dunia, Jeff Bezos Didepak Orang India

Platform investasi ini sekarang dapat memanfaatkan periode pendinginan di pasar perumahan untuk meningkatkan pembeliannya saat semakin banyak investor mencari opsi investasi alternatif di luar pasar saham.

Arrived Homes adalah platform investasi real estat berkualifikasi SEC pertama yang memungkinkan hampir semua orang membeli saham di properti sewaan keluarga tunggal dengan jumlah investasi mulai dari USD100 (Rp1,5 juta) hingga USD10.000 (Rp151 juta) per properti.

Perusahaan mengakuisisi rumah sewa dan memungkinkan investor individu menjadi pemilik properti dengan membeli saham melalui platform. Arrived Homes mengelola aset, sementara investor mengumpulkan pendapatan pasif melalui dividen triwulanan selain mendapatkan pengembalian melalui apresiasi.

Perusahaan mendapatkan perhatian dari beberapa investor terkenal selama putaran awal pada tahun 2021 dengan mendapatkan investasi dari Jeff Bezos, melalui Ekspedisi Bezos, pendiri Salesforce.com Inc Marc Benioff melalui Time Ventures, mantan CEO Zillow Group Inc, Spencer Rascoff dan Uber Technologies CEO Inc Dara Khosrowshahi.

Bezos kemudian menindaklanjuti investasi itu selama putaran seri A USD25 juta (Rp378 miliar) dari Arrived Homes awal tahun ini, melakukan investasi kedua di platform investasi real estat.

Investor memiliki selera yang meningkat untuk rumah keluarga tunggal. Ini tidak mengherankan mengingat rata-rata sewa di AS telah meningkat rata-rata 16,4% dalam 12 bulan terakhir dan setinggi 32% di pasar seperti Miami selama periode yang sama.

Sementara pasar perumahan mulai mendingin di daerah-daerah tertentu, kepemilikan rumah menjadi semakin tidak terjangkau karena suku bunga yang lebih tinggi menambah biaya keseluruhan untuk membeli rumah. Hal ini kemungkinan akan terus menambah tekanan pada pasokan unit sewa yang mengakibatkan kenaikan tarif sewa lebih lanjut.

Baca Juga: Gandeng Pemkab Bogor, Bank Bjb Perluas Layanan Perbankan Bagi Pemerintah Daerah

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: