Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pakar Puji Kepemimpinan Jokowi, G20 Berikan Dampak Positif Bagi Kepentingan Indonesia

Pakar Puji Kepemimpinan Jokowi, G20 Berikan Dampak Positif Bagi Kepentingan Indonesia Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada G20 dinilai berhasil dalam membuat Indonesia di perhitungan di mata dunia internasional.

Pakar Hubungan Internasional Universitas Indonesia Prof. Evi Fitriani mengatakan, momentum G20 tidak hanya ajang internasional, tetapi Presiden Jokowi juga memikirkan bagaimana agar acara tersebut dapat memberikan dampak yang kongkret bagi bangsa Indonesia.

“Sejauh yang saya amati cukup sukses itu sebagian besar agenda-agenda, Presiden Jokowi dan timnya itu selalu intens apa pun yang dilakukan G20 harus berdampak positif dan konkret bagi kepentingan Indonesia,” ujar Evi dikutip, Selasa (27/9/2022).

Menurut Guru Besar Hubungan Internasional UI, kalau melihat peran Presidensi negara sebelum-sebelumnya, nampak sekedar acara seremonial, tidak memberikan efek bagi rakyatnya.

“Nah saya pikir itu nilai lebih yang tidak dikejar oleh presiden-presiden sebelumnya. Kalau presiden-presiden sebelumnya kan pokoknya asal nanti sukses ada foto-foto dia diberi selamat itu sudah cukup,” ujarnya.

Namun, hal tersebut berbeda jauh Ditangan Pemerintah Indonesia, dimana hasil dari G20 berdampak positif bagi masyarakat Indonesia secara riil, hingga semua Kementerian lembaga memainkan peran mereka masing-masing. 

“Kelihatannya Presiden Jokowi mengejar sampai konkret apa sih yang kita dapatkan dari G20 ini bagi rakyat Indonesia secara riil, itu dikejar loh sama beliau (Jokowi), jadi semua kementerian yang punya keterkaitan di G20 terus mengkonkretkan hasil-hasil yang ada di G20 menurut saya ini bagus,”ucap Prof Evi.

Baca Juga: UMP Jateng Rp1,9 Juta, Ganjar Pranowo Disentil: Buruh dan Rakyat Jateng Aja Tak Sejahtera, Gimana Mau jadi Presiden!

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: