Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sangat Penting, Menkominfo Johnny Ungkap Misi Indonesia di ITU PP 2022

Sangat Penting, Menkominfo Johnny Ungkap Misi Indonesia di ITU PP 2022 Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Indonesia mengusulkan Meiditomo Sutyarjoko sebagai Anggota Radio Regulation Board (RRB) Region E Asia Australasia International Telecommunication Union (ITU). Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menilai penting posisi Indonesia dalam keanggotaan RRB ITU dalam upaya pembangunan satelit untuk pemerataan akses telekomunikasi. 

“Kenapa kita usulkan (Anggota RRB ITU) karena memang saat ini Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun satelit,” tuturnya usai menghadiri pembukaan International Telecommunication Union Plenipotentiary Conference 2022 (ITU PP 2022) di  Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, dalam keterangan resminya Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Kemenkominfo Umumkan Jadwal Penghentian Siaran TV Analog Wilayah Jabodetabek

Menkominfo menyatakan Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki kapasitas satelit terbesar. Pemerintah Republik Indonesia telah dan akan terus membangun kerja sama dengan negara mitra termasuk dalam penandatanganan kontrak penyediaan satelit. Menurutnya, dengan mendapatkan posisi keanggotaan di RRB ITU dapat membantu pemerintah menyediakan slot orbit agar akses telekomunikasi satelit lebih merata.

“Saya tentu berharap Doktor Meiditomo nanti akan sukses menjadi salah satu anggota RRB dan memperjuangkan kepentingan Indonesia untuk mendapatkan slot orbit,” jelasnya. 

Menteri Johnny menegaskan posisi strategis di RRB-ITU memberikan dampak penting bagi kepentingan Indonesia dan dunia dalam upaya memperkecil kesenjangan digital.  

“Jadi yang membangun dan menempatkan satelit dengan kapasitas besar di orbit dengan High Throughput Satellite yang saat ini kita sudah punya dua kontraknya yaitu SATRIA 1 sebesar 150 Gbps dan Hot Standby Backup Satellite dengan kapasitas yang sama 150 Gbps,” ujarnya.

Baca Juga: Bertemu dengan Mendag Luar Negeri Perancis, Menkominfo Johnny Bahas Perkembangan Proyek SATRIA-1

Dalam pembukaan ITU PP 2022, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail, dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif. Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Rumania dan Moldova Amhar Azeth dan kandidat Indonesia untuk Anggota RRB, Meiditomo Sutyarjoko.

Baca Juga: BSI Berangkatkan Umrah 120 Guru, Relawan dan Tenaga Medis

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: