Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Selain Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Turut Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Indonesia dan Jepang

Selain Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Turut Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Indonesia dan Jepang Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kunjungan bilateral yang dilaksanakan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, selain meningkatkan hubungan bilateral yang lebih erat dalam berbagai bentuk kerja sama yang lebih konkrit terutama di bidang ekonomi. Terdapat beberapa poin yang disampaikan Wapres dalam konfrensi pers melalui youtube Setwapres, Selasa (27/9/2022).

Wapres menjelaskan seperti permasalahan realisasi dan perluasan investasi. Selain itu, terdapat berbagai infrastruktur strategis yang juga menjadi bagian dari kesepakatan.

Baca Juga: Hadir di Nippon Budokan, Wapres Ma'ruf Amin Ikuti Prosesi Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe

"Perluasan investasi, realisasi dan perluasan investasi dan investasi baru senilai US$5,2 miliar," kata Wapres.

Selain itu, penyelesaian permasalahan komoditi ekspor pertanian dan perikanan Indonesia. Serta mendorong kerja sama potensial di bidang ekonomi syariah dan industri halal. Utamanya, terkait sektor unggulan seperti makanan, komestik, fasyen, dan juga pariwisata.

"Untuk pariwisata Indonesia siap untuk menjadi mitra utama Jepang, terkait bisnis halal khususnya penyusunan standar pariwisata ramah muslim. Standar-standarnya itu di destinasi Jepang dan kemudian juga sertifikasi halal," jelas Wapres.

Selain itu, Wapres menambahkan, penguatan kerjasama ekonomi Indonesia-Jepang, khususnya terkait penandatanganan Protokol Perubahan IJEPA (Indonesian-Japan Economic Partnership Agreement) pada KTT G20 di Bali pada November mendatang.

Sebelum menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa (27/09/2022), Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin sempat memuji jasa mendiang PM Abe dalam mempererat hubungan Indonesia - Jepang.

Baca Juga: Wapres Bertemu PM Jepang, Teken MoU Bidang Ekonomi dan Pengembangan SDM

“Mantan PM Abe ini orang yang sangat berperan penting dalam rangka meningkatkan hubungan Indonesia - Jepang, sehingga hubungan itu menjadi mitra strategis dan mempererat hubungan persahabatan yang lebih akrab antara masyarakat Indonesia dan Jepang,” tutur Wapres dalam keterangan persnya di Hotel Imperial Tokyo sesaat sebelum menuju Nippon Budokan.

Baca Juga: Prabowo Subianto Bisa Ketar-ketir, Anies Baswedan jadi Ancaman Nyata di Pilpres 2024

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: