Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aji Mumpung, Wakilnya Biden Terang-terangan Bahas China-Taiwan di Jepang

Aji Mumpung, Wakilnya Biden Terang-terangan Bahas China-Taiwan di Jepang Kredit Foto: Reuters/Leah Millis
Warta Ekonomi, Tokyo -

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris diperkirakan akan membidik tindakan China terhadap Taiwan selama pidatonya pada Rabu (28/9/2022) kepada para pelaut Amerika yang bertugas di Jepang.

"Dia akan mendapat ancaman terhadap tatanan berbasis aturan internasional dan bagaimana dia melihatnya," termasuk provokasi baru-baru ini di Selat Taiwan, kata seorang pejabat senior pemerintah, yang menolak disebutkan namanya, melihat pernyataan Harris.

Baca Juga: Referendum Sukses, Pembantu Biden: Ukraina, Silakan Pakai Senjata Barat untuk Melawan

Perjalanan Harris ke Asia terjadi beberapa hari setelah para pejabat China diguncang oleh janji eksplisit Presiden AS Joe Biden untuk mempertahankan pulau yang diklaim China.

"Dia akan berbicara tentang itu dan apa yang kami lakukan untuk melawan upaya itu dan membela aturan dan norma internasional yang telah memandu kawasan ini."

Harris akan berbicara selama kunjungan ke instalasi Angkatan Laut AS di luar negeri terbesar di dunia di Yokosuka, di luar Tokyo.

Pangkalan itu adalah rumah bagi 24.000 pekerja militer dan sipil, serta USS Ronald Reagan, sebuah kapal induk yang saat ini berada di Korea Selatan untuk berpartisipasi dalam latihan bersama yang dimaksudkan untuk mencegah Korea Utara. Harris akan mengunjungi zona demiliterisasi yang memisahkan Korea pada hari Kamis.

China mengatakan Taiwan yang diperintah secara demokratis adalah salah satu provinsinya. Beijing telah lama berjanji untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk melakukannya.

Pemerintah Taiwan sangat menentang klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya 23 juta penduduk pulau itu yang dapat memutuskan masa depannya.

Setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan pada bulan Agustus, China melakukan latihan militer terbesarnya di sekitar pulau itu.

Para pembantunya mengatakan Harris akan bekerja pada pendekatan terpadu untuk tantangan itu di kawasan itu, di mana para pemimpin dengan hati-hati menyaksikan meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing.

Biden diperkirakan akan mengadakan pertemuan tatap muka pertamanya sebagai presiden dengan Presiden China Xi Jinping selama pertemuan Kelompok 20 November di Indonesia.

Harris berada di Jepang, sekutu regional terdekat Washington, untuk memimpin delegasi bipartisan AS Biden ke pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang mendorong negara itu menjauh dari doktrin pasifis yang diadopsi setelah dikalahkan dalam Perang Dunia Kedua.

Baca Juga: Tokoh NU Bingung ke Presiden Jokowi: Untuk Apa Masih Ikutan Acara Relawan Begini...

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: