PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-77 pada Rabu (28/9/2022). Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengangkat tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, 77 Tahun tidak hanya bermakna sebagai angka, tetapi juga pencapaian atas kinerja KAI dalam melayani negeri. Pada masa Pandemi Covid-19, KAI juga mampu menunjukkan eksistensinya sebagai suatu perusahaan yang tidak hanya dapat bertahan dalam menghadapi tekanan krisis, akan tetapi bangkit lebih cepat dengan kinerja yang positif selama semester 1 Tahun 2022 ini.
"Sejumlah pencapaian tersebut tentunya patut kita syukuri bersama dan merupakan hasil kerja keras yang tidak akan terwujud tanpa adanya sinergitas dan kolaborasi yang kuat antara KAI dengan seluruh stakeholder," ungkap Didiek. Baca Juga: Menuju Transisi Energi, KAI Pasang Solar Panel di Stasiun dan Perkantoran
Menurutnya, KAI telah memiliki reputasi sebagai Badan Usaha Milik Negara yang dapat diandalkan dan mampu menjawab tantangan perubahan yang ada. KAI memiliki kekuatan pengalaman yang panjang dalam melakukan transformasi pengelolaan perkeretaapian di Indonesia.
"InsyaAllah KAI pasti mampu menyelesaikan dua amanah besar yang diberikan Pemerintah kepada KAI yaitu Proyek LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta
Bandung. Penyelesaian kedua proyek strategis nasional ini merupakan agenda kita bersama yang selanjutnya juga harus mampu kita jawab dan merupakan pondasi dari pengembangan perkeretaapian di Indonesia ke depan," ujar Didiek.
Selain berkomitmen untuk menyelesaikan dua proyek tersebut, dalam menyambut HUT ke-77, KAI juga mempersingkat waktu tempuh 5 kereta api antara kota per 28 September 2022 hingga 31 menit. Selain itu, KAI juga terus meningkatkan pelayanan dengan meluncurkan Kereta Api (KA) Taksaka rute Yogyakarta-Gambir dengan tajuk Hype Trip: Traveling Feel More Fun. KAI menawarkan perjalanan naik KA dengan kesan kekinian, mulai dari suasana, fasilitas, menu makanan, seragam kru, hingga livery.
KAI juga terus melakukan inovasi-inovasi pada internal perusahaan sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan yang lebih baik. KAI telah melakukan Open House Balai Yasa yang dihadiri ribuan pengunjung yang ingin melihat seluk beluk bengkel kereta api. KAI juga meluncurkan KAI Smart Assistant (KAISA). KAISA adalah assistant pintar dalam platform robotic process automation (RPA) yang mampu melakukan pekerjaan secara berulang, klerikal, rutin, manual dan berjumlah banyak.
KAI juga meluncurkan Rail Procurement in Digital (RAPID). RAPID adalah aplikasi yang menggunakan platform digital di bidang pengadaan barang dan jasa. Kemudian momen HUT ke-77, KAI juga menghadirkan wajah baru dengan mengganti seragam untuk pegawai frontliner.
Pada peringatan HUT ke-77 ini, KAI juga dilakukan penandatanganan MoU antara KAI dengan PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, KAI dengan Sumitomo Corporation dan Nippon Steel Corporation, dan KAI dengan PT SKF Industrial Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman