Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sungguh Sulit! Anies dan Ganjar Terancam Nggak Bisa Maju Jadi Capres 2024, Pengamat Bongkar Ada Ancaman Ini

Sungguh Sulit! Anies dan Ganjar Terancam Nggak Bisa Maju Jadi Capres 2024, Pengamat Bongkar Ada Ancaman Ini Kredit Foto: Fajar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadapi masalah serius karena terancam gagal maju menjadi calon presiden (capres) di ajang pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang. Hal ini diungkapkan Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro.

"Hal paling penting saat ini adalah bagaimana memastikan memperoleh tiket pencalonan dukungan dari partai politik untuk tampil dalam pemilihan presiden 2024," jelas Bawono dalam pesan tertulisnya, Senin (25/9/2022).

Baca Juga: Omongan Habib Husin Soal Anies Jadi Presiden Menohok, Balasan Bachrum Achmadi Tajam: Halah Si Husin Banyak Bacot!

Kedua tokoh yang kerap meraih elektabilitas tinggi di berbagai lembaga survei tersebut saat ini diketahui belum mendapatkan dukungan pasti dari partai politik.

Seperti diketahui, Anies memang bukan merupakan kader partai mana pun. Adapun Ganjar, kini diisukan tengah mengalami konflik dengan partai naungannya, yakni PDIP.

Sebagai informasi, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 memang mengharuskan pasangan calon diusung oleh partai politik atau koalisi partai politik yang memenuhi ambang batas pencalonan presiden 20 persen kursi DPR.

Baca Juga: Meski Diunggulkan dalam Pilpres 2024, Nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Belum Aman

Dalam konteks itu, Buwono justru menilai posisi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto lebih diuntungkan. Selain masuk tiga besar bakal calon presiden dengan elektabilitas tinggi dalam survei berbagai lembaga, Prabowo juga merupakan Ketua Umum Partai Gerinda.

Koalisi Partai Gerindra dan PKB juga dinilai bisa semakin memuluskan langkah Mantan Pangkostrad itu memperoleh tiket pencalonan pemilihan presiden 2024. 

Baca Juga: Ade Armando Buat Demokrat Tak Berkutik Usai Tanggapi Pernyataan Jokowi Soal Rambut Putih: Kelewat Serius!

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: