Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Stok Vaksin Meningitis untuk Calon Jamaah Umrah Mulai Langka?

Stok Vaksin Meningitis untuk Calon Jamaah Umrah Mulai Langka? Kredit Foto: Antara/Fauzan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Upaya untuk mengatasi kelangkaan vaksin meningitis terus dilakukan. Kementrian Agama dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) bersama perwakilan penyelenggara perjalanan ibadah rumah (PPIU) menggelar rapat secara daring untuk mencari solusi masalah tersebut.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementrian Agama Hilman Latief mengatakan, animo masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah sangat besar dan terus meningkat.

Dalam dua bulan terakhir, lebih dari 200 ribu jamaah umrah Indonesia berangkat ke Tanah Suci. Namun saat ini penyelenggaraan umrah dihadapkan pada kondisi kelangkaan vaksin meningitis. Padahal, regulasi Kementerian Kesehatan masih mengharuskan calon jamaah umrah mendapat vaksin meningitis terlebih dahulu.

“Regulasi dari Kemenkes, sampai saat ini masih sama. Para jemaah dan PPIU tetap diminta untuk menaati regulasi yang ada tentang vaksin meningitis,” Kata Hilman.

Merespon kelangkaan vaksin meningitis saat ini menurut dia dibutuhkan win win solution dari pemerintah dan pelaku usaha agar tidak menimbulkan kegagalan jemaah berangkat umrah.

Hilman mengaku mendengar informasi bahwa vaksin meningitis sudah tidak diwajibkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Informasi yang dia dengar menyebutkan bahwa vaksin meningitis sifatnya anjuran saja. Namun, belum ada pernyataan resmi terkait itu dari Pemerintah Arab Saudi.

“Kemenag melalui perwakilan pemerintah RI di Arab Saudi akan berkoordinasi dengan otoritas berwenang di Arab Saudi untuk mendapatkan kejelasan tentang kebijakan vaksin meningitis di sana,” jelasnya.

Terkait dengan kegagalan berangkat jemaah umrah di Surabaya, Sekretaris Ditjen P2P Yudhi Pramono memastikan jajarannya di Kantor Kesehatan Pelabuhan selalu siap siaga melayani jemaah umrah.

Baca Juga: Kementrian Agama: Visa Umrah Tidak Diwajibkan Lagi

Dia berkomitmen bahwa ke depan tidak akan ada lagi kegagalan keberangkatan jemaah umrah akibat ketidaksiapan petugas KKP dalam memberikan pelayanan.

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: