Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

W20 Indonesia Bantu Pengrajin Kulit Garut Tampil di Pameran Kulit Lineapelle Leather Fair 2022

W20 Indonesia Bantu Pengrajin Kulit Garut Tampil di Pameran Kulit Lineapelle Leather Fair 2022 Kredit Foto: W20
Warta Ekonomi, Jakarta -

W20 Indonesia telah melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bupati Garut serta UNIC CONCERIE ITALIANE (Asosiasi Penyamak Kulit Italia). Salah satu kesepakatan dalam MoU ini adalah pameran produk kerajinan kulit  yang diselenggarakan oleh Lineapelle di Milan.

Seperti yang diketahui, kerajinan kulit merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang banyak digeluti oleh perempuan. Meski begitu, masih banyak tantangan yang dihadapi oleh perempuan pelaku usaha, salah satunya akses ke sumber daya untuk memajukan usaha mereka. Kondisi ini yang menginisiasi perjanjian kesepakatan di antara ketiga belah pihak.

"Untuk memastikan bahwa pemimpin G20 mengimplementasikan rekomendasi W20, kami W20 Indonesia harus menunjukan program nyata yang mendukung perempuan berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi," kata Hadriani Uli Silalahi, Chair W20, dalam keterangan tertulis, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Dukung UMKM Naik Kelas, KoinWorks Luncurkan KoinLearn sebagai Platform Pembelajaran Gratis

MoU ini meliputi beberapa hal, seperti penyelenggaraan konferensi bersama, simposium, kursus dan seminar tentang sertifikasi dan keberlanjutan, standardisasi, peningkatan teknologi, tren mode, penelitian tentang bahan alternatif, dan promosi kulit, kemudian memfasilitasi kerjasama antara perguruan tinggi, pusat penelitian, lembaga, teknologi asosiasi perdagangan dan lainnya, serta mendukung partisipasi Pemerintah Kabupaten Garut dan atau pengusaha kulitnya dalam pameran di seluruh dunia.

Kabupaten Garut nantinya berkesempatan mewakili Indonesia mengikuti ajang pameran dagang bergengsi dalam industri mode dan desain berbahan dasar kulit, yakni Lineapelle Leather Fair 2022 pada tanggal 20 sampai dengan 22 September di Fieramilano Rho, Milan, Italia.

Keikutsertaan Kabupaten Garut dalam pameran yang akan diikuti oleh 1.100 peserta dari 38 negara ini, merupakan representasi dari 556 perusahaan penyamakan kulit, 359 produsen aksesoris, 132 pabrik tekstil dan sintetis, 8 ahli kimia, dan 35 jasa lainnya ini. Perhelatan ini tidak terlepas dari tindaklanjut pasca penandatangan Letter of Intent (LoI) yang dilakukan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, dengan Ketua Delegasi Women Twenty (W20) Italia, Sveva Avveduto pada W20 Summit di The Kaldera, Toba, Sumatera Utara, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: Gandeng DJKN, BSI Lelang 247 Aset dengan Limit Rp 251 Miliar

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: