Kita telah memasuki era revolusi industri 4.0 di mana telah ada sistem siber, internet, dan jaringan yang memudahkan masyarakat dalam aktivitasnya sehari-hari. Bahkan, sekarang sudah masuk era society 5.0, di mana manusia menyeimbangkan kemajuan ekonomi dan teknologi dengan menyelesaikan masalah melalui sistem yang mengintegtasikan dunia maya dan fisik.
"Milenial saat ini harus mampu bersaing di era society 5.0, menguasai minimal kemampuan digital dasar," ujar VP Head of Marketing East Java Bali Nusra PT Indosat Tbk, Heny Tri P, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kota Mojokerto, Jawa Timur pada Selasa (27/9/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.
Baca Juga: Hak-Hak Digital Juga Disertai Tanggung Jawab Menjaga Reputasi Orang Lain
Bahkan, kemampuan digital hingga generasi 2024 mendatang pun sudah harus dipersiapkan sejak sekarang. Ia mengatakan bahwa elaborasi dan kerja sama pada sistem, informasi, dan teknologi yang juga meningkatkan kualitas SDM sangat dibutuhkan di era yang serba teknologi ini.
"Digital skills kuncinya untuk bisa bertahan. Individu yang ingin berkontribusi dan berhasil di masa depan harus memiliki skill umum industri masa depan," tambah Heny.
Sementara itu, ada tiga hal kecakapan digital dasar yang harus dimiliki, yaitu kemampuam menggunakan dan memanfaatkan perangkat digital sesuai kebutuhan. Generasi masa depan juga harus memiliki kemampuan berpikir kritis agar mampu menyaring informasi, menghindari dari paparan hoaks. Di sisi lain, harus ada keterlibatan social engagement melalui kemampuan kolaborasi, salah satunya dengan membuat kampanye positif di dunia maya serta mampu memanfaatkan secara positif platform digital.
Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.
Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Enterpreneur dan Digital Marketer, Lim Sau Liang; VP Head of Marketing East Java Bali Nusra PT Indosat Tbk, Heny Tri P; serta Key Opinion Leader (KOL), Fanny Fabriana. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum