Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenparekraf Dukung Bali Fab Fest, Sandiaga Uno: Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja!

Kemenparekraf Dukung Bali Fab Fest, Sandiaga Uno: Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja! Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung Bali Fab Fest sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi para pegiat fabrikasi digital di Bali.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan pada 12-22 Oktober 2022 di Jimbaran Hub ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan sumber daya manusia (SDM) ekonomi kreatif di Indonesia khususnya di bidang fabrikasi digital. 

Baca Juga: Bantu Ciptakan Lapangan Kerja Berkualitas, Sandiaga Uno Apresiasi Sektor Swasta

Upaya ini sekaligus untuk mendukung pertumbuhan ekosistem inovasi lokal dengan menghubungkan mereka ke jaringan global. Hal ini sejalan dengan program Kemenparekraf dalam meningkatkan daya saing SDM di Tanah Air. 

“Kita berada di era Industri 4.0, sebuah masa di mana SDM dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi digital. Istilah ‘tukang’ yang selama ini dikenal sebagai profesi yang tidak terlalu glamor di masa ini pun dapat dikembangkan menjadi Tukang 4.0, yakni pekerja kreatif di sektor fabrikasi yang mampu memanfaatkan teknologi digital dan terhubung dengan jaringan global," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2022).

Sandiaga mengatakan pelaku industri kreatif di Indonesia, termasuk tukang dan perajin, saat ini sudah banyak yang diakui keahliannya di tingkat dunia. “Bayangkan jika mereka dapat mengakses peranti yang lebih beragam seperti 3D printer atau virtual reality untuk kebutuhan prototyping maupun visualisasi sebelum membuat karya," katanya.

Sandiaga berharap kehadiran Bali Fab Fest dapat mendorong lahirnya Bengkel 4.0 dan Tukang 4.0 di banyak daerah di Indonesia. Dengan adanya akses ke jaringan global, mereka dapat memanfaatkan rancangan dari berbagai wilayah di seluruh dunia untuk melahirkan solusi bagi permasalahan di daerah mereka masing-masing sambil tetap mengutamakan kearifan lokal. 

Baca Juga: World Tourism Day Jadi Peluang untuk Pemulihan Pariwisata Global, Ini Kata Wamenparekraf!

"Keberadaan para Tukang 4.0 ini dimungkinkan dengan hadirnya Bengkel 4.0, yaitu makerspace dan fab lab (laboratorium fabrikasi) dengan kemampuan fabrikasi hyperlocal yang terhubung dengan ekosistem global. Sehingga kami berharap lewat festival ini bisa menghasilkan lapangan kerja yang lebih berkualitas khususnya di bidang fabrikasi digital," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Curhat di PHP-in Penambang Liar: Kita Ajari Tata Cara Menambang yang Baik, Hilang...

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: