Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendag Zulhas Lepas Ekspor Produk UMKM Halal Hub ke Arab Saudi Senilai Rp15,22 Miliar

Mendag Zulhas Lepas Ekspor Produk UMKM Halal Hub ke Arab Saudi Senilai Rp15,22 Miliar Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas melakukan peresmian dan pelepasan ekspor perdana produk hasil pengembangan UMKM Halal Hub ke Arab Saudi di Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Produk UMKM yang diekspor antara lain tepung tapioka, tepung beras gluten-free dengan nilai ekspor mencapai hampir US$1 juta atau setara Rp15,22 miliar.

Baca Juga: Indonesia Ekspor Produk Aluminium ke Enam Negara

"Ya tadi kan ada tepung dari singkong yang gluten free, ada mi yang dari singkong gluten free juga. Nilainya hampir US$1 juta, hampir ya. Sekarang (waktu) ekspornya, kemarin juga sudah beberapa kali. Ke Jeddah," ujar Zulhas di Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Sementara itu, Founder Goorita Yuwono Wicaksono menuturkan, pihaknya telah membangun Halal Hub sejak Januari 2022. Melalui UMKM Halal Hub, produk-produk halal usaha mikro dan kecil akan dibantu mulai pendampingan, pengemasan, dan pemasaran.

Produk hasil kurasi dikemas sehingga layak jual dan dipasarkan ke pasar nasional dan global. UMKM Halal Hub saat ini telah dibangun di Sidoarjo, Sumenep, dan Jakarta.

"Saat ini kami punya fasilitas UMKM comply dengan permintaan buyer. Kadang di luar negeri standarnya tinggi, bagaimana produk UMKM menyesuaikan standar luar negeri," imbuh Yuwono.

Ia mengungkapkan, total produk yang diekspor mencapai 68 unit. Ada tiga produk Goozila yang diekspor, yaitu tepung tapioka, tepung ketan, dan tepung beras.

Baca Juga: Pendapatan Asuransi Jiwa CapaiĀ Rp 164,55 Triliun, Turun 4% di Kuartal III 2022

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: