Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Basuki Minta Renovasi Gereja Keuskupan Agung Kupang Selesai Sebelum Natal 2022

Basuki Minta Renovasi Gereja Keuskupan Agung Kupang Selesai Sebelum Natal 2022 Kredit Foto: Kementerian PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pekerjaan renovasi Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang rusak akibat Badai Seroja yang terjadi tahun lalu pada Sabtu (1/10/2022).

Basuki meminta Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT dan kontraktor pelaksana pekerjaan menyelesaikan renovasi Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang sebelum perayaan Natal pada Desember 2022. 

"Untuk itu, saya instruksikan agar ditambah jumlah pekerjanya dua kali lipat, terutama pekerja lokal, agar terkejar target selesai pada akhir Desember 2022," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Percepatan Pembangunan Daerah, PUPR Tingkatkan Kualitas Jalan Nasional di Maluku Utara

Selain itu, Basuki juga meminta para pihak yang terlibat dalam pembangunan selalu menjaga kualitas konstruksi dan penyelesaian pekerjaan yang rapi agar aman dan nyaman bagi para jemaat yang melakukan ibadah. 

"Sejauh ini saya nilai pekerjaannya sudah rapi, tolong finishing dikerjakan dengan baik dan teliti, karena ini pekerjaan yang cukup besar," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT Normansjah Wartabone menyebut bahwa, progres renovasi Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang sudah sebesar 60%. "Pembangunannya dilaksanakan sejak 2021 dengan anggaran Rp21,82 miliar," kata Normansjah. 

Renovasi dilakukan secara menyeluruh dengan membangun Gereja baru yang lebih luas dari bangunan sebelumnya. Lingkup pekerjaannya mencakup konstruksi bangunan gereja, bangunan sekretariat Paroki, menara lonceng, ruang panel dan genset, Goa Maria, Bangunan Makam, pagar, penataan halaman, mekanikal elektrikal, dan lansekap. 

Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang berdiri sejak 1962 yang berawal dari rumah pastor. Dalam perjalanannya, setelah Keuskupan Agung Kupang terbentuk sebagai bentuk perluasan Keuskupan Atambua, rumah pastor tersebut dijadikan sebagai Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang. 

Selama ini, bangunan gereja tersebut belum pernah direhabilitasi dan pada tahun 1995 ada penambahan di bagian samping dengan pembangunan balkon. Gereja Katedral menjadi bagian sejarah keberadaan Gereja Katolik di Kota Kupang.

Baca Juga: Jreng! Soal Elektabilitas Anies Meduduki Posisi Kedua, Yunarto Wijaya: Terlihat Sekali Partai NasDem Manfaatkan Momentum

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: