Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menakar Sosok Cawapres yang Cocok Dampingi Anies Baswedan di Pilpres, Siapa Ya?

Menakar Sosok Cawapres yang Cocok Dampingi Anies Baswedan di Pilpres, Siapa Ya? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Resmi diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai capres 2024, Anies Baswedan masih belum memiliki cawapres. Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, menyebutkan bahwa sosok cawapres untuk Anies Baswedan tergantung dari calon partai koalisi NasDem.

NasDem saat ini sangat dekat untuk menjalin koalisi dengan Demokrat dan PKS. "Kalau misalnya deklarasi sama Demokrat, ya, Agus Harimurti Yudhoyono. Pemilih muda atau milenial akan banyak mengarah ke mereka," kata Trubus kepada JPNN.com, Selasa, (4/10).

Baca Juga: Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 oleh NasDem Disebut Cuma 'Stand Up Comedy': Surya Paloh Itu Gimana?

Dia mengatakan, bisa saja cawapres dari PKS, yakni Zulkieflimansyah yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Trubus menilai Zulkieflimansyah bisa saja menjadi cawapres potensial untuk Anies Baswedan mewakili wilayah Indonesia Timur.

Namun, lanjutnya, hal itu sulit dilakukan lantaran PKS tidak pernah solid untuk mengusung satu tokoh internal. "Dia (Zulkieflimansyah, red) mewakili Indonesia timur, tetapi sayangnya PKS enggak pernah solid dari dulu. Buktinya, harusnya jatah Wagub DKI dari PKS, bukan Riza Patria," ujarnya.

Saat ditanya soal sosok cawapres di luar calon partai koalisi NasDem, Trubus menyebutkan bisa saja sosok Ridwan Kamil mendampingi Anies Baswedan. "Kalau Ridwan Kamil bisa, cuma apakah partai pendukungnya mau? Misalnya PKS mau, tetapi hanya PKS dan NasDem saja enggak cukup, harus tambah satu partai lagi. Kalau misalnya tambah Demokrat dan mereka mau Ridwan Kamil, ya, sangat bagus itu. Luar biasa itu," jelasnya.

Dia juga menyebutkan tidak tertutup kemungkinan Anies Baswedan akan mengulangi Pilgub DKI yang berpasangan dengan Sandiaga Uno. "Persoalannya apakah Gerindra mau melepas Sandiaga Uno, walaupun dia arahnya sepeti ingin mendekati Anies, karena dia di Gerindra sendiri sudah tidak pernah dikasih kesempatan untuk capres, seperi 'dikangkangi' oleh Prabowo," jelas Trubus.

Baca Juga: Ingin Hattrick, Ganjar Pranowo Bakal Penuhi Syarat Kemenangan PDIP di Pemilu 2024, Kok Bisa?

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: