Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Punya Kursi di DPR, Dukungan PSI ke Ganjar Pranowo 'Omong Kosong', Pengamat: Emang Udah Izin PDIP?

Tak Punya Kursi di DPR, Dukungan PSI ke Ganjar Pranowo 'Omong Kosong', Pengamat: Emang Udah Izin PDIP? Kredit Foto: Instagram/Grace Natalie
Warta Ekonomi, Jakarta -

Langkah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden akan diusung di Pilpres 2024 dinilai hanya untuk mencari perhatian. Pasalnya, PSI tidak memiliki kursi di DPR RI periode saat ini. Dengan begitu, dukungan PSI terhadap Gubernur Jawa Tengah itu tidak memiliki arti apa pun secara politik.

Hal itu disampaikan oleh peneliti dari lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI), Bawono Kumoro. "PSI kecentilan," kata Bawono, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Giring Blunder Soal Deklarasi Capres karena Berbeda dengan yang PSI Lakukan, Refly Harun Sampai Ngakak Ketawa: Lihat-lihat Dulu!

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu mengharuskan untuk pasangan calon diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik memenuhi ambang batas pencalonan presiden 20 persen kursi di DPR RI.

Alasan lainnya, Ganjar Pranowo merupakan kader milik partai lain, yaitu kader PDI Perjuangan. "Apakah PSI sudah izin kepada PDI Perjuangan sebelum memutuskan mengumumkan pencalonan Gubernur Jawa Tengah tersebut? Padahal, proses politik di internal PDI Perjuangan sendiri masih berjalan dan belum ditetapkan siapa pun kader untuk diusung di pemilihan presiden mendatang," papar Bawono.

PSI secara resmi mengumumkan partai itu mencalonkan Ganjar sebagai capres tidak lama setelah Partai NasDem mengumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

Pengumuman capres ini dilakukan usai Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha Djumaryo, justru mengkritik pencalonan Anies Baswedan yang dilakukan saat terjadinya Tragedi Stadion Kanjuruhan. Giring beralasan, bangsa Indonesia sedang berduka atas tragedi di Stadion Kanjuruhan dengan laporan 125 orang tewas. Giring pun menegaskan, PSI tidak akan mengusung Anies sebagai capres.

Baca Juga: Pembangunan KEK Kura-Kura Bali Diharapkan Dapat Mendukung Quality Tourism di Bali

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: