Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siapkan Diri Akan Pendataan Awal Regsosek Tahun Ini, BPS Sumut Kerahkan 3.023 Petugas

Siapkan Diri Akan Pendataan Awal Regsosek Tahun Ini, BPS Sumut Kerahkan 3.023 Petugas Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Pusat Satistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengerahkan 3.023 orang petugas untuk menyukseskan pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022.

Sebagai pembekalan, para petugas terlebih dahulu mengikuti pelatihan yang digelar secara bergelombang di masing-masing kabupaten/kota.

Baca Juga: BPS Waspadai Tarif Angkutan Bayangi Inflasi Oktober 2022

Kepala Badan Pusat Statistik Wilayah Sumatera Utara, Nurul Hasanudin mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan pandangan semua pihak yang terlibat dalam pendataan awal Regsosek.

“Hal ini dikarenakan pemerintah sangat menantikan hasil pendataan awal Regsosek, demikian juga manfaat besar yang akan diterima masyarakat nantinya. Kesuksesan pelaksanaan pendataan awal Regsosek yang super prioritas ini sangat bergantung bagaimana pengumpulan data di lapangan,” katanya, Rabu (5/10/2022).

Ia berharap, pelatihan itu dapat memberikan persepsi yang sama kepada para calon petugas terhadap pemahaman konsep, definisi operasional dan manajemen lapangan pendataan awal Regsosek 2022.

Dengan demikian, calon petugas mampu memahami semua materi dan tata cara pengisian semua daftar/ kuesioner pendataan awal Regsosek 2022 dengan baik dan benar.

“Pendataan awal ini merupakan agenda super prioritas karena momentum berharga menuju terwujudnya satu data perlindungan sosial. Sehingga menuntut adanya upaya besar yang tidak biasa-biasa saja mulai dari pra-pelaksanaan, pelaksanaan, hingga pasca pelaksanaan. Untuk itu, diharapkan semua dapat mengambil peran yang besar sesuai bagian masing-masing,” harapnya.

Nurul menegaskan, BPS tidak bekerja sendiri. Menurutnya, sebagai agenda nasional, kolaborasi menjadi kunci dalam keberhasilan pendataan awal Regsosek itu.

Baca Juga: Bulog Sumut Pastikan Kenaikan BBM Tidak Pengaruhi Harga Beras

“Regsosek merupakan pengelolaan data secara berkelanjutan dan memerlukan komitmen yang besar dari kita semua. Pelaksanaan pendataan awal Regsosek ini akan diadakan serentak mulai 15 Oktober hingga 14 November 2022. Semoga Regsosek ini berjalan lancar,” tukasnya.

Baca Juga: Dorong Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan, OJK Beri Insentif untuk Asuransi Umum

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: