Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

NasDem Resmi Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Pengamat Sebut Skenario 3 Paslon Berpeluang Terjadi

NasDem Resmi Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Pengamat Sebut Skenario 3 Paslon Berpeluang Terjadi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Partai NasDem sudah resmikan deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Mengenai perkembangan yang ada, Pengamat menyebut setidaknya sudah ada tiga gambaran nama capres yang pasti akan dicalonkan di pilpres 2024 mendatang.

Pengamat Politik yang juga pendiri Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio mengatakan, dengan dideklarasikannya Anies Baswedan oleh Partai Nasdem setidaknya tiga nama sudah dipastikan menjadi gambaran di pilpres 2023.

"Capresnya itu ya Prabowo Subianto, Puan Maharani dan Anies Baswedan," kata Hensat sapaan akrabnya, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Ulah PSI Main Deklarasi Capres Malah Bikin Sulit Posisi Ganjar Pranowo, Analisis Refly Harun Nggak Main-main: Megawati Pasti Tidak Mau…

Karena di tiga nama ini, menurut dia, setidaknya memiliki tiket elektoral yang lebih jelas saat ini. Sebagaimana publik ketahui, Partai Gerindra yang sudah pasti mencalonkan Ketua Umumnya Prabowo Subianto sudah menjalin komunikasi politik dengan PKB. Terlepas siapa nama bakal calon wakil presidennya, Hensat menilai, Gerindra dan PKB sudah memenuhi syarat elektoral, yaitu 23,66 persen, lebih 20 persen perolehan kursi minimal seperti yang disyaratkan.

Begitu juga dengan nama Anies Baswedan yang resmi diusung oleh Nasdem. Walaupun Partai Nasdem bila sendiri tidak memenuhi syarat elektoral, tetapi dua partai seperti Demokrat dan PKS yang sejak lama sudah menjajaki nama capres Anies Baswedan, besar kemungkinan akan bergabung. 

Sehingga, bila ketiga partai ini bergabung, maka akan memperoleh 28.35 persen. Jumlah itu, lebih 20 persen perolehan kursi minimal seperti yang disyaratkan.

Baca Juga: Bidik 2 Juta Nasabah, BCA Digital Segera Luncurkan Fitur Pinjaman untuk Segmen Ritel

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: