Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepala Gereja Ortodoks Rusia ke Putin: Tuhan Takdirkan Anda Berkuasa

Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepala Gereja Ortodoks Rusia ke Putin: Tuhan Takdirkan Anda Berkuasa Kredit Foto: Reuters/Sputnik/Kremlin/Aleksey Nikolskyi
Warta Ekonomi, Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin berulang tahun ke-70 pada Jumat (7/10/2022). Sambil mengucapkan selamat, Kepala Gereja Ortodoks Rusia Patriark Kirill meyakinkannya bahwa kekuasaannya telah ditakdirkan oleh Tuhan.

"Tuhan menempatkan Anda dalam kekuasaan, supaya Anda dapat memberikan pelayanan yang sangat penting dan tanggung jawab besar bagi nasib negara dan rakyat yang dipercayakan kepada Anda," tuturnya, dilansir dari AFP.

Baca Juga: Putin Ultah ke-70, Begini Ucapan Selamat dari Kim Jong Un

Patriark Kirill pun memuji Putin karena telah mengubah citra Rusia, memperkuat kedaulatan dan kemampuan pertahanannya, serta melindungi kepentingan nasionalnya.

Ia pun mendoakan kesehatan dan umur panjang bagi presiden yang telah berkuasa selama lebih dari 20 tahun itu. Jemaat di seluruh negeri pun dimintanya untuk ikut mendoakan kesehatan Putin.

"Anda memiliki reputasi sebagai pemimpin nasional yang tanpa pamrih mengabdi pada Tanah Air, mencintai Tanah Air dengan tulus, dan menyerahkan segala kekuatan untuk itu," puji Patriark Kirill.

Ia juga memanjatkan kekuatan tanpa batas dan pertolongan berlimpah dari Tuhan bagi penguasa Kremlin tersebut.

Pemimpin Gereja Ortodoks Rusia sejak 2009 ini telah menjadi pendukung vokal operasi militer di Ukraina.

Ia punya hubungan dekat dengan pemerintahan Putin dan mendukung nilai-nilai konservatif di atas liberalisme Barat.

Baca Juga: UMP Jateng Rp1,9 Juta, Ganjar Pranowo Disentil: Buruh dan Rakyat Jateng Aja Tak Sejahtera, Gimana Mau jadi Presiden!

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: