Produktif Berjejaring dengan Berpartisipasi Jadi Kreator Konten
Teknologi digital hadir sebagai bagian kehidupan bermasyarakat yang hampir sebagian besar sudah terhubung internet. Keadaan ini ikut mempertegas bahwa saat ini kita sedang berada di era percepatan transformasi digital.
Pada awal 2022, Hootsuit dan We Are Social melaporkan jumlah pengguna internet mencapai 204,7 juta, setara 73,7 persen dari populasi penduduk Indonesia. Namun, banyaknya pengguna internet belum sejalan dengan tingkat kecakapan digital masyarakatnya.
Baca Juga: Luasnya Peluang Konten Digital, Ubah Media Sosial Jadi Sarana Produktif Berkarya
Dosen Fikom Unitama, Ahmadi Neja, mengatakan bahwa masyarakat harus mengubah paradigmanya yang selama ini hanya menjadi sebagai pengguna saja.
"Ubah mindset untuk ikut berpartisipasi menjadi kreator juga, jangan hanya menjadi penikmat atau distibutor konten saja," ujarnya saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Kamis (6/10/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.
Untuk produktif berinternet sekarang ini sangatlah mudah, bahkan menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang. Mereka memproduksi konten sebagai influencer, selebgram atau konten kreator, dan bahkan sarana pendidikan di mana ada banyak materi pembelajaran atau tutorial. Bahkan, media digital melalui media sosial juga menjadi self branding untuk membangun kekuatan diri.
Sebagian konten juga bisa diambil dari hobi sehingga mudah untuk menceritakannya dan kegiatan sehari-hari. Setiap orang bahkan bisa memulainya tanpa harus menjadi ahli terlebih dahulu, apalagi kini ada begitu banyak platform video dan gambar untuk pengeditan konten melalui ponsel pribadi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum