Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Perilaku Beretiket yang Harus Dimiliki dalam Jual Beli Online

Ini Perilaku Beretiket yang Harus Dimiliki dalam Jual Beli Online Kredit Foto: Unsplash/Austin Distel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Karakter etika yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Indonesia harus juga diimplementasikan dalam berkomunikasi ketika sedang bertransaksi menjadi penjual dan pembeli. Etiket seperti inilah yang akan menciptakan ekosistem digital Indonesia kondusif dan aman. 

"Saya lihat banyak kehilangan bentuk ke-Indonesiaan dalam bentuk etika yang itu kalau ditransformasikan di dunia digital menjadi etika digital," ujar Dosen dan Praktisi, M Adhi Prasnowo, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (20/10/2022). 

Tata krama dalam menggunakan internet mengharuskan penggunanya menyadari bahwa ia berinteraksi dengan manusia nyata di jaringan yang lain, bukan dengan sekadar huruf di layar monitor tapi manusia sesungguhnya khususnya dalam jual beli online. Adhi mengatakan pengguna harus memiliki kesadaran dan memiliki tujuan, serta bertanggung jawab dan memiliki nilai kemanfaatan. 

Baca Juga: Prospek Pasar Digital di Era Internet

Misalnya dalam posisi sebagai penjual etika digital diterapkan bahwa foto produk haruslah sama dengan barang yang dikirimkan. Kemudian plagiasi, mengambil konten orang lain untuk berpromosi, di sini berarti pemenuhan hak-hak digital orang lain untuk tidak tertipu. 

Sebagai penjual online, seharusnya kualitas barang, foto produk yang asli, tampilan lapak yang lengkap, deskripsi produk jelas dengan tawaran berbagai promo diskon sangat diperlukan. Penjual juga harus komunikatif ketika menjawab pertanyaan konsumen. Aspek kejujuran juga penting dalam memberi deskripsi, gunakan kata-kata baik saat menjawab pesan dan proses tawar-menawar dengan benar. 

Baca Juga: Kenali Pedoman Dasar Etika Internet, Mulai Penuhi Tanggung Jawab Warganet

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. 

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Enterpreneur dan Digital Marketer, Lim Sau Liang, Dosen dan Praktisi, M Adhi Prasnowo, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) Mona Ratuliu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.iddan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau llterasidigitalkominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: