Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Product Manager?

Apa Itu Product Manager? Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Product manager atau manajer produk adalah seorang profesional yang bertanggung jawab atas pengembangan produk suatu brand atau perusahaan. Product manager memiliki strategi produk, menentukan persyaratan fungsionalnya, dan mengelola rilis fitur.

Product manager mengoordinasikan pekerjaan yang dilakukan oleh banyak fungsi lain seperti insinyur perangkat lunak, ilmuwan data, dan perancang produk, dan pada akhirnya bertanggung jawab atas hasil produk. Mereka bekerja dengan mempertimbangkan banyak faktor seperti pelanggan yang dituju atau pengguna produk, produk yang ditawarkan oleh pesaing, dan seberapa cocok produk dengan model bisnis perusahaan.

Peran product manager posisi vital dan penting di banyak perusahaan, dan seringkali tidak didefinisikan dengan baik. Semua PM mendorong pengembangan produk dan bertanggungjawab atas kesuksesan produk tersebut.

Baca Juga: Cara Memulai Karir sebagai Product Manager, Tren Baru di Dunia Teknologi

Peran lainnya mencakup banyak kegiatan dari strategis hingga taktis. Karena itu, product manager sering kali menjadi pusat tim produk dengan menghubungkan pelanggan, teknik, pemasaran, penjualan, dan tim dukungan.

Product manager menganalisis pasar dan kondisi persaingan, menetapkan visi produk yang berbeda dan memberikan nilai unik berdasarkan permintaan pelanggan.

Product manager membantu perusahaan untuk mendapatkan manfaat dari lebih banyak pengetahuan tentang produknya dan bagaimana produk itu dibuat, dikelola, dan dijual. Profesional ini juga biasanya menggunakan sumber daya TI khusus untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih canggih tentang rantai pasokan bisnis.

Seorang product manager akan sering menggunakan jenis perangkat lunak tertentu yang disebut sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM), yang mungkin mencakup komponen tertentu yang disebut sumber daya manajemen produk. Ini akan sering melibatkan database yang melacak detail tentang berbagai produk.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: