Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dijuluki Sultan, Rishi Sunak Jadi PM Inggris Terkaya dalam Sejarah, Berapa Hartanya?

Dijuluki Sultan, Rishi Sunak Jadi PM Inggris Terkaya dalam Sejarah, Berapa Hartanya? Kredit Foto: Reuters/John Sibley
Warta Ekonomi, London -

Rishi Sunak didapuk menjadi perdana menteri Inggris sekaligus ketua Partai Konservatif menggantikan Liz Truss. Sunak disebut menjadi PM Inggris terkaya dilihat dari harta kekayaan dan gaya hidupnya.

Adapun kemenangan Sunak dipastikan pada Senin (24/10/2022), usai Penny Mordaunt --satu-satunya saingan-- mundur dari kontestasi. Sejak awal pencalonan, ia memang kerap menerima dukungan dari para koleganya di Partai Konservatif.

Baca Juga: Mendengar Kata Orang India Saat Rishi Sunak Jadi PM Inggris

Rishi Sunak disebut mencetak sejarah baru di mana menjadi penghuni No 10 Downing Street yang lebih kaya dari raja di Istana Buckingham. Lantas, berapa harta kekayaannya dan seperti apa gaya hidupnya?

Harta Kekayaan Rishi Sunak

Menyadur The Guardian, Sunak dan istrinya, Akshata Murty, memiliki kekayaan gabungan sekitar £730 juta atau sekitar Rp12 triliun. Totalnya ini kira-kira dua kali lipat dari kekayaan milik Raja Charles III dan permaisuri Camilla, yang diperkirakan £300 juta-£350 juta atau sekitar Rp6 triliun.

Rishi Sunak pernah masuk jajaran Daftar Orang Terkaya Inggris oleh Sunday Times. Ia juga hampir menyaingi Raja dalam hal tempat tinggal. Mantan menteri keuangan Inggris ini tercatat memiliki empat properti yang tersebar di seluruh dunia dengan total lebih dari £15 juta atau sekitar Rp260 miliar.

Sementara itu, ia bersama istri serta kedua anaknya, Krishna dan Anoushka, menghabiskan sebagian besar akhir pekan di rumah mewah dengan lima kamar tidur. Rumah ini berada di Kensington, London Barat, yang diperkirakan oleh agen real estat bernilai lebih dari £7 juta atau Rp120 miliar.

Sunak beserta keluarga juga memiliki rumah bangsawan Georgia yang terdaftar sebagai Grade II di desa Kirby Sigston, Richmond, North Yorkshire. Rumah itu dibeli seharga £1,5 juta (Rp26 miliar) sebelum ia terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 2015.

Selain itu, keluarga Sunak pun mempunyai flat atau sejenis apartment di Old Brompton Road di London barat untuk mengunjungi keluarga. Ditambah ada penthouse pantai Santa Monica senilai £5,5 juta atau sekitar Rp97 miliar.

Sebagian besar kekayaan Sunak diketahui berasal dari istrinya yang merupakan putri seorang miliarder perangkat lunak di India. Hal ini juga tengah menjadi topik hangat, menyusul peresmian dirinya sebagai PM Inggris yang baru.

Gaya Hidup Rishi Sunak

Nilai jual rumah Sunak di North Yorkshire itu kini lebih dari £2 juta (Rp35 miliar). Ia telah mengubah rumahnya menjadi semacam tempat peristirahatan kesehatan dengan fasilitas kolam renang indoor, gym, studio yoga seharga £400,000 (Rp7 miliar), bak mandi air panas dan lapangan tenis.

Melonjaknya biaya energi di Inggris menandakan bahwa Sunak bisa menghabiskan lebih dari £14.000 (Rp240 juta) dalam satu tahun untuk memanaskan kolam berukuran 12 meter kali 5 meter. Ukuran ini hampir enam kali lipat dari tagihan energi rata-rata keluarga.

Sunak disebut pernah memakai sepatu Prada seharga £450 (Rp8 juta) saat mengunjungi lokasi pembangunan selama kampanye. Ia juga mengenakan Henry Herbert seharga £3.500 (Rp61 juta) dan bahkan minum dengan cangkir kopi pintar seharga £180 (Rp 3 juta).

Namun, gaya hidup Rishi Sunak dan keluarganya ini membuat sejumlah pihak khawatir. Sebab, di Inggris sendiri masyarakatnya sedang mengalami krisis ekonomi.

Baca Juga: Perluas Akses Pembiayaan, Bank Jago Tingkatkan Kerja Sama dengan BFI Finance hingga Gojek Tokopedia (GOTO)

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: