Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Prediksi Harga Emas di Tengah Gejolak Ekonomi Global

Begini Prediksi Harga Emas di Tengah Gejolak Ekonomi Global Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perkembangan harga komoditas emas masih menjadi salah satu yang menarik untuk dibahas di tengah inflasi tinggi di dunia yang sedang terjadi. 

Research & Development Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Revandra Aritama mengatakan, keagresifan The Fed dalam membuat kebijakan untuk menekan inflasi, dan konflik geopolitik Rusia-Ukraina yang belum berakhir masih menjadi penyumbang gejolak harga emas. 

"Pada tahun 2022 ini, meskipun sempat mengalami penguatan, harga emas cenderung mengalami penurunan hingga akhir kuartal III," ujar Revandra dalam diskusi virtual, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga: ICDX Prediksi Harga Bahan Energi Dunia Masih Stabil di Kuartal IV-2022 

Revandra mengatakan, harga emas global terlihat condong menurun sejak awal tahun. Hal tersebut dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu kebijakan The Fed, inflasi global, serta konflik Rusia-Ukraina. 

"Meskipun inflasi Amerika telah mengalami penurunan, hal tersebut masih jauh dari target yang ditetapkan The Fed," ujarnya. 

Sehingga hal tersebut memunculkan akan adanya kebijakan baru oleh The Fed yang dapat mempengaruhi harga emas. Selain itu, konflik Ukraina-Rusia juga menjadi faktor penggerak harga emas.

"Dapat diprediksikan bahwa, jika konflik tersebut membaik, harga emas akan tertekan. Namun, jika konflik memburuk, harga emas diprediksi akan naik,” tutupnya.

Baca Juga: Perkuat Sektor Keuangan, Bos OJK Lantik 16 Pimpinan Satuan Kerja Baru

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: