Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenparekraf Gelar Pameran 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2022

Kemenparekraf Gelar Pameran 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2022 Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar pameran 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 sebagai bagian dari rangkaian acara menuju malam puncak/penghargaan ADWI 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat hadir di acara pameran ADWI 2022 mengatakan, acara puncak ADWI 2022 berlangsung pada Minggu (30/10) malam di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf/Baparekraf, Jakarta.

Baca Juga: Hadirkan Puluhan Acara, Kemenpar Kembali Gelar Festival Tanjung Lesung 2022

Sementara, pameran 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022 berlangsung di halaman Gedung Sapta Pesona kantor Kemenparekraf/Baparekraf, Minggu (30/10/2022) pagi hingga sore. "Pameran menghadirkan berbagai produk wisata dan ekonomi kreatif dari 50 desa yang terpilih dalam 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022," katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/10/2022).

Salah satunya adalah Desa Wisata Umauta, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, yang menghadirkan produk ekonomi kreatif andalan mereka, Tenun Maumere. Menparekraf mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari Kemenparekraf/Baparekraf untuk terus memperkenalkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif desa-desa wisata terbaik di Indonesia.

"Produk-produk ekonomi kreatif dari desa wisata ini yang menjadi salah satu unggulan untuk menarik minat kunjungan wisatawan, tidak hanya wisatawan nusantara, tapi juga wisatawan mancanegara," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Dalam mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, selain melalui berbagai dukungan seperti pelatihan dan pendampingan dengan pilar adaptasi, inovasi dan kolaborasi, salah satu yang juga ditekankan adalah pemanfaatan digitalisasi.

"Kami menggunakan konsep pendekatan digital marketing dengan produk-produk ekonomi kreatif yang menjadi unggulan, jadi ada beberapa konten-konten kreatif yang kami sudah siapkan," kata Sandiaga.

Ia pun berharap desa-desa wisata yang berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022 dapat terus meningkatkan potensi diri untuk terus berkembang. Tidak hanya memenuhi standar nasional, tapi juga internasional.

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga juga berkesempatan memberikan sertifikat desa wisata berkelanjutan untuk Desa Wisata Wukirsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Kita sebelumnya sudah punya Desa Wisata Penglipuran juga Nglanggeran yang berhasil masuk ke tingkatan dunia, tahun depan kita targetkan ada lagi desa wisata kita yang bisa masuk tingkatan dunia," kata Menparekraf Sandiaga.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: