Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Julukan Anies Baswedan Sebagai Antitesis Presiden Jokowi Terbukti dalam Hasil Survei SMRC

Julukan Anies Baswedan Sebagai Antitesis Presiden Jokowi Terbukti dalam Hasil Survei SMRC Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memaparkan hasil survei temuan terkait persepsi atas ekonomi memiliki pengaruh dalam pemilihan presiden. 

Saiful menjelaskan, perbedaan yang signifikan ini ditemukan dan menunjukkan ada kecenderungan pemilih yang ingin perubahan dan tidak menginginkan yang sekarang memerintah berkuasa kembali lebih condong pada Anies Baswedan

“Dalam hal ini, Anies lebih dianggap sebagai oposisi, berbeda, atau semacam antitesis terhadap Pak Jokowi,” ujar Pendiri SMRC yang juga Analis Politik, Saiful Mujani.

Baca Juga: Pesan Menggelegar Anies Baswedan ke Relawan Bisa Bikin Kandidat Lainnya Ketar-ketir: Momentum Perubahan Itu Akan Datang!

Persepsi ekonomi yang digambarkan buruk saat ini, menjadi suara bagi pemilih Anies yang inginkan perubahan dari pemerintahan Jokowi.

Saiful juga menjelaskan, secara teoritis kelompok yang memberi penilaian positif pada kondisi ekonomi saat ini biasanya ingin mempertahankan yang sedang berkuasa. 

Sebaliknya, yang menilai kondisi ekonomi sekarang lebih buruk dibanding sebelumnya cenderung ingin melakukan perubahan.

Data survei SMRC dua tahun terakhir (2021-2022) menunjukkan ada 36,6 persen publik yang menyatakan kondisi ekonomi sekarang lebih buruk atau jauh lebih buruk dibanding tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Ngebet Jadi Duet Anies Baswedan, Demokrat Buka-bukaan, Suara Dukungan Buat AHY Gak Kalah Sama Aher!

Yang menyatakan lebih baik atau jauh lebih baik sebanyak 32,7 persen. Sementara yang menyatakan tidak ada perubahan sebanyak 26,7 persen.

"Persepsi ekonomi yang buruk memperkuat dukungan pada Anies Baswedan dan memperlemah suara pada Ganjar Pranowo. Sebaliknya, ekonomi yang membaik akan memperkuat suara Ganjar dan memperlemah Anies," kata Saiful Mujani, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Jokowi Sebut Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen, Yan Harahap: Era SBY Saja 6,3 Persen Tanpa Janji-janji

Halaman:

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: