Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kunjungi DTE G20 Bali, Mendag Zulkifli Dorong UMKM untuk Lakukan Transformasi Digital

Kunjungi DTE G20 Bali, Mendag Zulkifli Dorong UMKM untuk Lakukan Transformasi Digital Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut transformasi digital merupakan hal penting yang harus diadopsi dan dipelajari, terutama oleh pelaku bisnis seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Langkah ini perlu dilakukan untuk UMKM di Indonesia bisa bersaing di era saat ini.

"Saya kira ini memang suka tidak suka kita harus adopsi, kita pelajari, kita pergunakan dan ini nanti akan menyangkut perubahan, tidak hanya di kita tapi di seluruh dunia," ujar Zulkifi usai mengunjungi pameran teknologi Digital Transformation Expo di BNDCC, Bali, Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Pamerankan Transformasi Digital Indonesia, Menkominfo Harap DTE Berkesan bagi Delegasi KTT G20

Zulkifli menyebut masyarakat saat ini mau tidak mau harus mengubah kehidupan ke ranah digital. "Jadi sangat penting misalnya bisnis sekarang UMKM kalau mau cepat harus dengan marketplace dan lain-lain. Pasar tradisional juga harus bertransformasi digital menjadi pasar digital," jelasnya.

Oleh karena itu, Zulkifli berpandangan bahwa transformasi digital bagi pelaku bisnis merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Pasalnya, dengan merambah ke ranah digital, pelaku bisnis seperti UMKM bisa meningkatkan potensi pendapatan mereka hingga empat kali lipat.

Baca Juga: Kemenkominfo Bidik 4 Ribu Lebih Pengunjung Akan Hadiri DTE G20, Ada Pameran Apa Saja?

"Pasar itu naiknya bisa 3 sampai 4 kali lipat kalau dia pakai online tapi angkanya," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli turut mengapresiasi pameran teknologi Digital Transformation Expo yang dihadirkan Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai side event pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: