Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenhub Maksimalkan G20, Jurus Jitu Disiapkan Demi Memulihkan Sektor Transportasi dan Pariwisata

Kemenhub Maksimalkan G20, Jurus Jitu Disiapkan Demi Memulihkan Sektor Transportasi dan Pariwisata Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah upaya pemulihan di sektor transportasi, yang turut mendorong pemulihan sektor pariwisata nasional. Hal ini disampaikan Menhub pada Forum Pariwisata Global atau Global Tourism Forum-Annual Meeting 2022 yang berlangsung di Bali, Kamis (17/11/2022).

Budi mengungkapkan sejumlah upaya yang akan dilakukan Pemerintah, diantaranya mengeluarkan beberapa surat edaran terkait persyaratan perjalanan transportasi yang lebih mudah namun tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan. “Upaya ini menjadi titik balik kebangkitan industri transportasi, karena semakin meningkatkan keterisian penumpang,” ujar Menhub dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: H20 Sinkron Sama Tujuan G20, Wapres Ma'ruf Amin: Tiga Point Utama Ini Harus Tercapai!

Selain itu, Kemenhub bersama operator transportasi juga terus mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meminimalkan penyebaran virus. Seperti misalnya: digitalisasi layanan di bandara dan penggunaan HEPA filter yang mampu menjaga kebersihan udara di dalam sarana transportasi publik. Selanjutnya, Kemenhub juga memberikan sejumlah insentif, misalnya di sektor penerbangan yaitu dengan memberikan insentif untuk Layanan Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau Passenger Service Charge (PSC).

Dalam forum tersebut Menhub mengungkapkan, upaya pemulihan sudah mulai terlihat hasilnya. Salah satu indikatornya yaitu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), transportasi dan pergudangan pada kuartal III tahun 2022 tumbuh paling besar yaitu 25,8 persen (year on year). Hal ini menunjukkan tren yang terus meningkat sejak awal tahun 2022, dan berkontribusi penting pada pertumbuhan perekonomian Indonesia yang meningkat 5,72% year on year di kuartal III tahun 2022.

Namun demikian, Menhub tetap mengingatkan seluruh pihak untuk terus berupaya menjaga momentum tren pertumbuhan, serta tetap waspada terhadap kondisi ketidakpastian global, seperti: pandemi lanjutan, perubahan iklim, dan ketegangan perang global di masa depan.

Lebih lanjut, Menhub juga mengungkapkan upaya membangun masa depan transportasi publik di Indonesia pascapandemi.

Baca Juga: Ikutan G20, Eks Menteri Jokowi Ini Dipuji Habis, Beda Nasib Sama Anies Baswedan: Dia Gak Ngadrun...

“Pandemi Covid-19 telah mengajari kita bahwa kita harus berfikir jauh ke depan. Kedepannya, Indonesia membutuhkan perbaikan konektivitas jaringan, keselamatan transportasi, transportasi yang ramah lingkungan, dan integrasi antarmoda,” ujar Menhub.

Baca Juga: Meriahkan Bulan Bahasa Bali V, Desa Dangin Puri Kangin Gelar Berbagai Lomba

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: