Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Cuma Sawit, ALSI Siap Merambah Sektor Baru Demi Gelorakan Usaha Sertifikasi

Tak Cuma Sawit, ALSI Siap Merambah Sektor Baru Demi Gelorakan Usaha Sertifikasi Kredit Foto: Dok. Panpel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Munas Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia (ALSI) periode 2019 -2022 diselenggarakan di kota Batu, Jawa Timur pada tanggal 9-10 November 2022. Munas ALSI ini di hadiri oleh pengurus dan seluruh anggota ALSI. Acara diawali oleh Sambutan Ketua Panitia Ibu Umi Fadhila, Ketua Umum ALSI Bapak Nyoman Susila, Kepala BSKJI Bapak Doddy Rahadi dan Bapak Sekda Batu Zadim Efisiensi yang dalam hal ini mewakili Ibu Dewanti Rumpoko, M.Si sebagai Walikota Batu, Jawa Timur.

Tema Diskusi Panel pada munas kali ini adalah Membangun Ekosistem Lembaga Penilaian Kesesuaian dalam Mendukung Kemandirian Sertifikasi Terakreditasi.

Baca Juga: Holding Perkebunan Nusantara Bangun Pusat Pembelajaran Minyak Sawit, Kopi, dan Kakao di Kawasan Oil Palm Science Techno Park

Narasumber dari Badan Standardisasi Nasional/Komite Akreditasi Nasional yaitu bapak Doni Purnomo selaku Deputi Bidang Akreditasi BSN dan Sekretaris Jenderal KAN membahas pentingnya Akreditasi untuk Menjaga Imparsialitas Lembaga Penilai Kesesuaian. Sementara untuk nara sumber kedua yaitu Ibu Intan Rahayu selaku Direktur Keamanan Siber dan Sandi Industri BSSN membahas tentang UU Ni 27 tahun 2022 mengenai Perlindungan Data Pribadi.

Munas dilanjutkan dengan diawali oleh pembacaan tata tertib Sidang, Laporan pertanggungjawaban Pengurus oleh Ketua ALSI, penyampaian perubahan AD/ART serta pemilihan ketua umum ALSI periode 2022 – 2025.

ALSI didirikan pada tanggal 4 Juli 1996 yang beranggotakan 66 LPK (lembaga Penilaian Kesesuaian) yang diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), dimana bidang dari anggota ALSI terdiri dari berbagai lingkup sertifikasi seperti; Lembaga Penilai Kesesuaian Manajemen Mutu, Lembaga Penilai Kesesuaian Manajemen Produk, Lembaga Inspeksi dan Laboratorium, Lembaga Usaha Pariwisata, Lembaga Sertifikasi Profesi, Litbang dan juga ISPO.

ALSI didirikan dengan tujuan untuk mengkoordinir dan membina serta mengembangkan LPK untuk meningkatkan daya saing usaha sertifikasi di Indonesia dan menjadi media komunikasi antar anggota untuk membahas problema yang berkaitan dengan LPK , serta menjadi mitra bagi pihak Regulator dan Pemerintah.

Baca Juga: Koalisi Dinilai Memanas Gegara Gibran Bisa Menjadi Duet Anies Baswedan, PKS: Namanya Punya Jagoan...

Selama periode 2019 hingga 2022 ALSI telah menyelesaikan beberapa program seperti peningkatan kompetensi para auditor anggota ALSI melalui pelatihan-pelatihan yang mendukung peningkatan kinerja dan bisnis anggota ALSI, SNI award, rapat-rapat oleh BSN, program dengan Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian Pertanian, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan dan program program lainnya. Disamping itu ALSI juga melakukan kerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional untuk penguatan standardisasi.

Baca Juga: Anies Baswedan Punya Hak Pilih Cawapres, Refly Harun: Tetap Saja Akan Ada Pertimbangan dari...

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua